ASN Pria di Bukittinggi Wajib Subuh Berjemaah, Apa Sanksi bagi Pelanggar?

Jeka Kampai - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 13:49 WIB
Wali Kota (Walkot) Bukittinggi, Erman Syafar (Jeka Kampai/detikcom)
Wali Kota (Walkot) Bukittinggi, Erman Syafar (kiri) (Jeka Kampai/detikcom)
Bukittinggi - Wali Kota Bukittinggi, Erman Syafar, mewajibkan seluruh ASN laki-laki muslim di daerah itu untuk salat subuh berjemaah setiap Jumat. Kebijakan itu akan berlaku per pekan ini.

Apa sanksi bagi yang melanggar?

"Nanti kita bicarakan (soal sanksi). Yang jelas Subuh (berjemaah) itu memang wajib. Saya hanya menyampaikan dalil-dalil agama. Saya hanya ingin memperkuat dan memastikan bahwa harusnya kita dalam kondisi seperti sekarang ini, ekonomi turun dan wabah COVID, harusnya kita perkuat iman di masing-masing kita ini," kata Wali Kota Erman Syafar kepada wartawan, Rabu (3/3/2021).

Ia menyatakan, secara teknis, pelaksanaan Subuh berjemaah akan dikeluarkan dalam satu atau dua hari ke depan. Namun gambaran awalnya, usai salat Subuh akan dilanjutkan dengan pengajian keagamaan.

"Setelah subuh berjalan, akan ada pengajian yang sistemnya bersilabus," katanya.

Lokasi salat Subuh berjemaah para ASN ini untuk sementara akan terbagi dalam beberapa masjid di Bukittinggi.

"Karena kita masih pandemi COVID, nanti akan kita bagi di beberapa masjid. Yang jelas, saya dan Buya Marfendi (Wakil Wali Kota) nanti akan satu masjid, karena kami tidak mau dipisahkan. Nanti ASN akan dibagi dalam beberapa masjid. Masjid Jamik atau masjid yang besar lainnya," tambah Erman.

Ia meyakini kebijakan itu akan memberikan dampak baik terhadap kinerja ASN.

"Nantinya kami yakin ini akan berpengaruh dan berdampak baik terhadap pelayanan ASN kepada masyarakat," katanya lagi.

Kewajiban soal mengikuti Subuh berjemaah bagi ASN laki-laki muslim disampaikan pertama kali oleh Wali Kota Bukittinggi Erman Syafar saat memimpin apel gabungan bersama seluruh ASN di halaman Balai Kota Bukittinggi, Bukik Gulai Bancah, pada Senin (1/3/2021) kemarin. Kebijakan ini akan mulai berlaku pada Jumat (5/3) nanti.

Dilihat detikcom, dalam video yang beredar luas di media sosial, Erman Syafar menyatakan salat Subuh berjemaah menjadi kewajiban pada ASN setiap Jumat. Kebijakan ini, katanya, akan berlaku sampai 2024 atau sampai masa kepemimpinannya habis.

Erman Syafar baru dilantik sebagai Wali Kota Bukittinggi bersama pasangannya, Marfendi. Pasangan ini diusung koalisi Partai Gerindra dan PKS.

"Bahwa sampai 2024, mulai Jumat nanti, setiap hari Jumat kita wajib melaksanakan salat Subuh berjemaah. Setiap Jumat," kata Erman dalam video tersebut yang disambut tepuk tangan para peserta upacara.

Simak juga 'Diantar UAS, Erman Safar-Marfendi Daftar ke KPU Kota Bukittinggi':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/idh)