Daftar Panjang Aksi Danton OPM Ferry Elas: Serang TNI/Polri-Sandera Guru

Saiman - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 11:52 WIB
Anggota KKB yang juga danton Kodap III Feri Elas saat memimpin anak buah di lapangan.(ANTARA News Papua/HO-Satgas Ops Nemangkawi Polri)
Anggota KKB yang juga danton Kodap III Feri Elas saat memimpin anak buah di lapangan. (ANTARA News Papua/HO-Satgas Ops Nemangkawi Polri)

Sebelumnya, Ferry Ellas, salah satu anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB), tewas dalam baku tembak dengan aparat TNI-Polri di Mile 53 Kabupaten Mimika, Papua. Baku tembak terjadi pada Minggu (28/2) antara TNI-Polri dan KKB di kawasan Mile 53, jauh dari area tambang Freeport.

Polisi mengamankan 9 handphone (HP) dari Ferry Elas (35), Komandan Pleton Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (Danton TPN OPM) Kodap III Kalikopi Tembagapura, yang tewas dalam baku tembak antara KKB dan TNI-Polri. Salah satu ponsel berisikan dokumentasi penyerangan Ferry Elas dkk.

"Iya sembilan HP yang diamankan masih dalam penyelidikan, dan dari sembilan HP, satu ditemukan foto-foto, video-video Elas saat beraksi melakukan penyerangan-penyerangan," kata Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata kepada wartawan, Rabu (3/3/2021).

Era menjelaskan 9 ponsel tersebut diamankan dari lokasi tewasnya Ferry Elas. Namun, saat ini polisi masih menyelidiki lebih lanjut kepemilikan 8 dari 9 ponsel yang ditemukan. Satu ponsel dipastikan milik Ferry Elas.

Halaman

(idh/jbr)