Round Up

Problem Dualisme Sekda Akhirnya Dijawab Gubernur Papua 

Tim Detikcom - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 06:49 WIB
Wagub Papua Klemen Tinal melantik Doren Wakerkwa jadi Pj Sekda, Senin (1/3/2021).
Foto: Wagub Papua Klemen Tinal melantik Doren Wakerkwa jadi Pj Sekda. (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Polemik jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Papua sempat terjadi dualisme akibat adanya dua pelantikan di tempat berbeda dalam hari yang sama. Namun, kini polemik itu reda lantaran Gubernur Papua Lukas Enembe menegaskan akan menerima Sekretaris Daerah (Sekda) Papua definitif yang dilantik Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Awalnya, Wakil Gubernur (Wagub) Papua Klemen Tinal melantik Doren Wakerkwa menjadi penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Provinsi Papua hari ini. Di Jakarta, Mendagri Tito Karnavian melantik Dance Yulian Flassy sebagai Sekda Papua.

Klemen Tinal mengaku mendapat arahan dari Gubernur Papua Lukas Enembe perihal pelantikan Pj Sekda. Menurutnya, kondisi kesehatan Lukas sedang tidak baik.

"Pak Gubernur kemarin telepon dan minta dikoordinasikan dengan baik, sebab kondisi beliau kurang sehat," kata Klemen Tinal di Jayapura, Senin (1/3/2021).

Klemen Tinal mengaku tidak mengikuti pelantikan Dance sebagai Pj Sekda. Dia menegaskan pelantikan Doren sebagai Pj Sekda sah.

"Apa yang terjadi di Jakarta hari ini kami belum ikuti. Tetapi apa yang terjadi hari ini di Papua ini sah. Intinya pemerintahan tidak boleh kosong," ujarnya.

Lebih jauh, Klemen Tinal menjelaskan bahwa aturan yang dia pakai adalah Undang-Undang (UU) Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua.

"Kami mengimbau seluruh orang untuk hormati itu. Artinya, semua undang-undang harus kalah sama dengan Undang-undang Otsus, kecuali menyangkut luar negeri, keamanan, fiskal, dan agama," katanya.

Terpisah, Dance Yulian Flassy membenarkan telah dilantik oleh Mendagri hari ini. Dance mengaku dilantik sebagai Sekda Papua definitif.

"Beliau sangat berharap pelantikan bisa segera dilakukan. Hal ini beliau sampaikan saat saya bersama Ditjen Otda bertemu di Jakarta pada 28 Februari 2021. Makanya hari ini Mendagri langsung melantik saya menjadi Sekda definitif Papua," sebut Dance saat dimintai konfirmasi.

Dance menyatakan pelantikan Doren sebagai Pj Sekda dilakukan agar tidak ada kekosongan jabatan. Dia menyebut akan segera berkantor di Pemprov Papua.

"Jadi biar tidak ada kekosongan selama 1 atau 2 hari, hal itu dilakukan. Yang jelas, dalam waktu tidak terlalu lama, saya akan mulai berkantor di Pemerintahan Provinsi Papua sesuai arahan Mendagri," terang Dance.

Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan akan menerima Sekda Papua definitif yang dilantik Mendagri Tito Karnavian. Berikut pernyataan lengkapnya di halaman berikut.

Simak juga 'Kapolda Papua Blak-blakan Minta Kasus HAM Dituntaskan':

[Gambas:Video 20detik]