PAN Sebut Milenial di RI Capai 53%: Jika Tak Dimanfaatkan Bisa Jadi Bumerang

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 03:43 WIB
Eddy Soeparno (Foto: Zhacky/detikcom)
Foto: Eddy Soeparno (Foto: Zhacky/detikcom)
Jakarta - PAN menyampaikan soal kondisi milenial atau gen z di Indonesia mencapai 53 persen dari total penduduk. PAN menilai kelebihan demografi tersebut bisa menjadi bumerang jika tidak dimaksimalkan dengan baik.

Sekjen PAN Eddy Soeparno awalnya mengungkap data BPS yang menunjukan kelompok umur milenial dan gen z mendominasi 53 persen dari jumlah keseluruhan total penduduk Indonesia. Dia menyebut jumlah dominasi milenial ini bisa menjadi keuntungan bagi Indonesia jika dimaksimalkan.

"Namun jika tidak dimaksimalkan bisa saja menjadi bumerang karena banyaknya usia produktif harus diikuti dengan terciptanya lapangan pekerjaan yang memadai apalagi di masa pandemi ini," kata Eddy dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (3/3/2021).

Hal tersebut disampaikan Eddy Soeparno saat membuka acara virtual Diskusi Milenial PAN tentang anak muda dan kepemimpinan, Selasa (2/3) kemarin. Dia berpendapat ada 3 cara merespons tantangan dan peluang menghadapi Bonus Demografi ini yakni kewirausahaan, teknologi, dan inovasi.

Karena itu, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI ini berharap anak muda Indonesia bisa naik kelas menjadi produsen atau creator. Bukan lagi hanya sebagai konsumen.

"Kita buka lebih banyak kesempatan agar anak muda Indonesia naik kelas dari kelas konsumen e-commerce menjadi kelas produsen dan membuka lebih banyak lagi lapangan kerja," ujarnya.

"Kita ingin Lebih banyak lagi anak anak muda yang dengan inovasinya berhasil menjual produk lokal ke pasar internasional daripada mereka yang sekedar memanfaatkan gadget untuk membeli barang impor di e-commerce," lanjut Eddy.

Simak juga 'Jokowi ke Bank Syariah: Sambut Baik Nasabah Nonmuslim, Gaet Milenial':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/maa)