Siaga Karhutla Jelang Kemarau, DPRD Jambi: Harus Ada Grand Design

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 22:55 WIB
Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto bersama Kapolda Jambi Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo meninjau Desa Puding Kumpeh Ulu.
Foto: DPRD Jambi
Jakarta - Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto bersama Kapolda Jambi Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo meninjau Desa Puding Kumpeh Ulu. Desa tersebut merupakan salah satu wilayah yang menjadi langganan Karhutla. Bahkan, desa ini sempat viral karena langitnya memerah akibat kebakaran.

Edi mengungkapkan Karhutla selalu menjadi ancaman sepanjang musim kemarau, terlebih di lahan gambut. Oleh karena itu, menurutnya diperlukan sinergi antar seluruh pihak dalam menyusun langkah-langkah preventif.

"Kami mengapresiasi kesiapsiagaan TNI/Polri, kami berharap ini menjadi kerja-kerja jangka panjang yang berkesinambungan, terukur dan berdampak nyata, maka harus ada grand design, nggak bisa dadakan, terkait peraturan dan anggaran, DPRD siap mendukung," ujar Edi dalam keterangan tertulis, Selasa (2/3/2021).

Edi pun memberikan dukungan kepada petugas, baik TNI/Polri maupun BPDB, dan mengajak mereka untuk semangat dalam menjalankan tugas, mengingat saat ini sudah memasuki musim kemarau, ditambah dengan kondisi pandemi COVID-19.

Di sisi lain, kedatangan Edi ke Desa Puding juga ingin melihat langsung usaha-usaha yang sudah dilakukan, termasuk perusahaan yang berada di lokasi rawan Karhutla. (akn/ega)