Mutasi Corona B117 Ditemukan di RI, Pemprov DKI Siapkan Strategi Penanganan

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 20:06 WIB
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono melaporkan jenis varian B117 sudah ditemukan di Indonesia. Pemprov DKI Jakarta menyiapkan langkah dan strategi penyebaran virus Corona varian baru dari Inggris itu.

"Terkait varian baru, tentu pemerintah DKI, terlebih pemerintah pusat, sudah menyiapkan berbagai konsep dan strategi penanganannya. Memang varian baru ini kan tidak bisa diatasi secara parsial sepihak, tidak hanya Indonesia, tetapi seluruh dunia bersama-sama mengantisipasi melakukan pencegahan dan tentu penanganan dan pengendaliannya ke depan," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota, Jl Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (2/3/2021).

Riza tak memerinci lebih lanjut terkait strategi yang telah disiapkan jajarannya untuk mencegah virus varian baru ini. Namun dia menyadari penanganan virus corona mutasi Inggris itu perlu dilakukan secara menyeluruh.

"Apa pun virus yang datang, yang hadir di lingkungan kita, di kota kita, di negara kita, harus kita hadapi. Menghadapinya harus dengan bijak, harus dengan kecepatan pencegahan, penanganan, pengendalian yang baik," ujarnya.

Sejauh ini, Pemprov DKI Jakarta lebih memfokuskan upaya pengendalian virus COVID-19 melalui penerapan PPKM Mikro. Melalui penerapan tersebut, laju penambahan kasus COVID-19 di Ibu Kota diharapkan makin menurun.

"Pengetatan pengendalian kan sudah ada PPKM mikro pada PSBB semuanya akan kita laksanakan. Sejauh ini angkanya akan terus menurun, mudah-mudahan ini pertanda yang baik, sekalipun belum sepenuhnya, tapi menurut fakta dan data ada peningkatan yang baik. Angka kesembuhannya terus meningkat sampai 95,4% angka kematian turun 1,6%," ujarnya.

Seperti diketahui, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono menyampaikan bahwa virus Corona mutasi dari Inggris telah masuk ke Indonesia. Pemerintah saat ini langsung melakukan penjagaan di pintu kedatangan dari luar negeri.

"Saat ini pemerintah telah melakukan surveilans kedatangan dari luar negeri untuk mencegah masuknya strain COVID-19 di pintu masuk Indonesia. Selanjutnya merupakan tanggung jawab kita semua untuk tetap mencegah penularan terjadi di tengah masyarakat dengan disiplin melakukan protokol kesehatan," ujar juru bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, dalam jumpa pers, Selasa (2/3/2021).

Wiku mengatakan kesiapsiagaan terhadap peluang ancaman ketahanan negara perlu menjadi perhatian utama seluruh lapisan masyarakat. Wiku mengatakan kunci penanganannya adalah gotong royong.

Simak juga Video: Mutasi Corona Inggris Masuk RI, Ini Kata Satgas

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)