Danny Pomanto Minta Amdal Pembangunan Mattoanging Dievaluasi: IMB Belum Ada

Ibnu Munsir - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 16:42 WIB
Wali Kota Makassar Danny Pomanto (Ibnu Munsir/detikcom).
Wali Kota Makassar Danny Pomanto (Ibnu Munsir/detikcom)
Makassar -

Wali Kota Makassar Ramdhan 'Danny' Pomanto meminta analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) lalu lintas (lalin) proyek pembangunan Stadion Andi Mattalatta di kawasan Mattoanging dikaji ulang. Danny menilai proyek yang diinisiasi Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah itu belum memiliki izin peruntukan hingga IMB.

"Amdal (analisis mengenai dampak lingkungan) bukan salah satu persyaratan membangun (stadion), tetapi harus ada namanya, advice planning (AP), izin peruntukan tepat atau tidak itu belum ada, apalagi IMB," kata Danny kepada wartawan di DPRD Kota Makassar, Selasa (2/3/2021).

Menurut Danny, evaluasi amdal pembangunan proyek Stadion Mattoanging perlu ditinjau ulang lantaran perencanaan tata ruang untuk pembangunan stadion di Makassar berada di kawasan Barombong, bukan di kawasan Mattoanging. Dia juga menyebut keluarnya amdal untuk pembangunan stadion di kawasan Mattoanging tidak benar.

"Kalau soal itu, siapa pun yang bikin amdal itu dan mengatakan amdal itu benar, sini berdebat sama saya, saya tahu ini barang. Ini (pembangunan Mattoanging) tidak sesuai dengan kondisi, ini teman-teman di Unhas sampaikan komplainnya sama saya, jadi saya bilang tunggu saja, jadi bukan hanya macet tapi ini macet sekali," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemprov Sulsel Andi Arwin Azis yang dikonfirmasi terkait komplain Danny itu tidak mau berkomentar. Dia hanya mengisyaratkan, amdal Stadion Mattoanging Makassar sudah terbit dan telah ditandatangani.

"No comment, untuk apa berbalas polemik, tidak mengomentari terkait itu. Tapi sudah di dokumen dan tanda tanda tangani, sudah terbit (amdal)," singkatnya.

Untuk diketahui, Stadion Andi Mattalatta di kawasan Mattoanging ini mulai dibangun atas inisiasi Gubernur Nurdin Abdullah dengan anggaran Rp 1,1 triliun. Andi Arwin beberapa waktu lau mengatakan anggaran sebesar itu diharapkan bisa dimanfaatkan agar Pembangunan Mattoanging selesai sesuai target pada 2022.

"Alokasi anggaran tersedia di APBD 2021 hingga 2022 sebesar Rp 1,1 triliun, dan manajemen konstruksi Rp 30 miliar. Sehingga ini dipastikan kegiatan pembangunan stadion Mattoanging berjalan sesuai kita harapkan bersama," kata Arwin melalui keterangannya, Rabu (10/2) lalu.

Simak juga Video: Stadion Mattoanging Mulai Direnovasi, Target Rampung 2022

[Gambas:Video 20detik]

(nvl/nvl)