Kasus Mutasi COVID Inggris Ditemukan, Komisi IX: Perketat Screening!

Mochamad Zhacky - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 14:55 WIB
Politikus PDIP Charles Honoris
Charles Honoris (Dok. detikcom)
Jakarta -

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengungkapkan, mutasi COVID-19 dari Inggris telah masuk ke Indonesia. Untuk mencegah penyebaran kasus mutasi Corona dari Inggris itu, Komisi IX DPR RI meminta pemeriksaan terkait COVID-19 di pintu-pintu masuk Indonesia diperketat.

"Pemerintah harus memperketat screening di pintu-pintu masuk ke Indonesia. Di dalam negeri, protokol kesehatan harus tetap dijalankan secara disiplin. Testing dan tracing terhadap penularan COVID-19 juga harus digenjot lagi," kata Wakil Ketua Komisi IX DPR Charles Honoris kepada wartawan, Selasa (2/3/2021).

Charles mengaku tidak kaget dengan penemuan kasus mutasi COVID-19 Inggris di Indonesia. Sebab, sebut dia, Kepala Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo sebelumnya menyampaikan soal lebih dari seribu orang dari luar negeri yang terkonfirmasi positif Corona.

"Adanya temuan varian tersebut di Indonesia sebetulnya bukan sesuatu yang mengagetkan, mengingat belum lama Kepala Satgas COVID-19 menyebutkan ada lebih dari 1.000 orang yang datang dari luar negeri terkonfirmasi positif COVID-19," terang Charles.

Lebih jauh, Charles mengingatkan pemerintah agar mewaspadai mutasi Corona ini. Sebab, menurut hasil penelitian, mutasi COVID-19 dari Inggris itu disebut lebih mudah menular.

"Pemerintah harus waspada dengan adanya temuan mutasi COVID varian Inggris di Indonesia. Seperti yang kita ketahui, sudah ada beberapa temuan mutasi COVID-19 di berbagai negara dan hasil penelitian beberapa lembaga juga menyebutkan bahwa varian-varian baru ini lebih mudah menularkan dan ada kecenderungan mempunyai kekebalan tertentu terhadap vaksin COVID-19," paparnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.