Pihak Ekspedisi Tanggung Kerusakan Paket Terbakar di Kapal Feri Bakauheuni

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 11:04 WIB
Boks truk ekspedisi terbakar di dalam kapal feri (Istimewa)
Foto: Boks truk ekspedisi terbakar di dalam kapal feri (Istimewa)
Jakarta - Boks truk ekspedisi yang akan mengirim paket ke wilayah Sumatera terbakar di dalam KMP Neomi saat akan bersandar di Pelabuhan Bakauheuni, Lampung. Pihak ekspedisi menyampaikan permohonan maaf atas kejadian tersebut.

"JNE memohon maaf atas terjadinya peristiwa ini khususnya kepada penumpang Kapal Motor Penumpang (KMP) Neomi yang berlayar dari Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten menuju Bakauheni, Lampung," kata VP of Marketing JNE, Eri Palgunadi, dalam keterangan tertulis, Selasa (2/3/2021).

Dia mengatakan JNE terus bekerja sama dan berkoordinasi secara intensif dengan pihak terkait dalam proses penyelesaian permasalahan ini. Dia mengatakan JNE berkomitmen menerapkan SOP yang telah ditetapkan perusahaan dalam menjalankan proses operasionalnya.

Dia mengatakan pihaknya akan menanggung kerusakan paket akibat peristiwa tersebut. JNE juga akan memberi sanksi bila ditemukan pelanggaran SOP sehingga memicu peristiwa kebakaran tersebut.

"JNE bertanggung jawab atas kerusakan paket pelanggan yang disebabkan atas kejadian ini dan siap memberikan sanksi bagi pelanggaran SOP," ujar Eri.

Peristiwa boks truk terbakar itu terjadi pada Minggu (28/2) sekitar pukul 20.30 WIB. Kebakaran berhasil ditangani dalam waktu sekitar 10 menit dan tak ada korban dalam peristiwa tersebut.

"Itu kejadian di KMP Neomi dermaga 3, kejadiannya pas masuk alur itu, diketahuinya ada truk Fuso muatan paket JNE, di dalamnya itu terbakar, kami kurang tahu apa bahannya, tapi yang jelas paket karena jasa pengiriman ekspedisi JNE," kata pejabat Humas PT ASDP Indonesia Feri Cabang Bakauheni, Saifulahil Maslul Harahap, saat dikonfirmasi, Senin (1/3).

"Setelah masuk alur diketahui ada asap dalam boks truk itu, langsung dilakukan penanganan oleh kru kapal, di kapal juga ada hydrant langsung disemprot, ya udah padam nggak sampai membesar apinya," lanjutnya

Peristiwa itu sempat membuat penumpang panik dan memakai life jacket. Petugas yang mengetahui ada kepulan asap langsung memadamkan api yang berada di dalam boks truk. Api tak sampai menjalan ke luar truk ataupun badan kapal.

"Asap aja, jadi api itu masih dalam boks itu, karena ketutup boks itu pas dibuka langsung ngebul gitu kan, langsung disemprot. (Penumpang) panik, kemudian instruksi dari kru kapal juga untuk penanganan (pakai life jacket) SOP-nya kan begitu ya," kata dia.

Simak video 'Ngeri! Begini Penampakan Terbakarnya Mesin Pesawat Boeing 777':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/idh)