2 Pelaku Penipuan Via SMS Dibekuk, Raup Rp 200 Juta Sebulan

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 00:47 WIB
Ilustrasi penipuan online
Foto: Ilustrasi (Shutterstock)
Jakarta -

Polda Metro Jaya meringkus dua pria inisial U (37) dan HS (29) terkait tindakan penipuan. Keduanya diketahui melancarkan aksinya menggunakan pesan singkat (SMS).

"Mereka melakukan penipuan dan penggelapan melalui via SMS. Modusnya mereka menawarkan adanya undian harapan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (1/3/2021).

Dalam menjalankan aksinya, para pelaku mengirimkan pesan secara acak bahwa penerima pesan memenangkan undian. Para pelaku pun meminta korban yang terpedaya untuk mengklik tautan yang telah dilampirkan.

Pelaku lalu menjelaskan cara calon korban mendapatkan hadiah yang telah dijanjikan. Salah satunya, kata Yusri, dengan mentransfer sejumlah uang.

"Terakhir ini ada mentransfer uang Rp 300 ribu. Setelah itu dia mainkan lagi sampai orang terpengaruh untuk mentransfer lagi lebih dari itu. Begitu modusnya," beber Yusri.

Yusri mengatakan para pelaku tidak menyasar golongan tertentu sebagai korban. Pesan modus undian harapan itu dikirim secara acak ke banyak nomor.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan juga 'Pasutri Tilap Rp 39 M Bermodus Proyek Fiktif Ditangkap':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2