Elite PD Sindir Jhoni Allen: Demokrat Bukan Gunung, Logonya Bintang

Mochamad Zhacky - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 20:47 WIB
Wasekjen Partai Demokrat, Irwan.
Wasekjen Partai Demokrat, Irwan (Dok. dpr.go.id)

Selain itu, Irwan menilai Jhoni Allen Marbun-lah yang justru tidak memahami AD/ART PD. Anggota Komisi V DPR RI itu menegaskan bahwa Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memiliki kewenangan untuk menanggapi masalah pengambilalihan kepemimpinan PD.

"Bung Jhoni juga tidak memahami AD/ART partai. Pak SBY bukan turun gunung. Tapi sesuai kewenangan Pak SBY dalam posisi sebagai Majelis Tinggi. Jadi Pak SBY punya hak dan kewenangan, karena masalah yang ada dapat dikategorikan masalah strategis partai, karena ada elemen kekuasaan yang mengancam keberlangsungan partai," terang Irwan.

"Jadi masalah ini masalah bersama Majelis Tinggi Partai dan DPP, bukan hanya pada eksekutif partai, dalam hal ini ketum dan jajaran," sambung dia.

Diberitakan sebelumnya, Jhoni Allen Marbun menuding SBY merekayasa agar ketua DPD-DPD Demokrat se-Indonesia menyatakan AHY sebagai ketum. Menurut Jhoni Allen, rekayasa itu membuat AHY tidak mengerti cara turun gunung menyelesaikan masalah partai.

"Selanjutnya SBY mendesain ketua DPD-DPD seluruh Indonesia untuk men-declare AHY menjadi ketum. Itulah yang mereka sebut aklamasi. Makanya AHY berada di puncak gunung tapi tidak pernah mendaki. Oleh sebab itu, AHY selaku ketua umum tidak tahu cara turun gunung sehingga bapaknya, SBY, yang saya hormati, menjadi turun gunung. Inilah yang disebut krisis kepemimpinan. Salam demokrat. KLB solusi konstitusional untuk mengembalikan Partai Demokrat sebagai partai yang demokratis, terbuka, dan modern," tuding Jhoni Allen.

Halaman

(zak/jbr)