Aksinya Sempat Viral, 3 Pelaku Jambret Bersajam di Tangsel Ditangkap

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 19:40 WIB
Dua pelaku jambret kalung emas bocah di Pasar Minggu, Jaksel ditangkap polisi.
Dua pelaku jambret kalung emas bocah di Pasar Minggu, Jaksel ditangkap polisi. (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta - Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap pelaku jambret bersenjata tajam (sajam) yang sempat viral menyasar sekelompok remaja di Pondok Aren, Tangerang Selatan. Total ada 3 orang pelaku yang ditangkap.

"Tiga tersangka kita amankan inisial AM, lalu ada AY dan BA," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (1/3/2021).

Peristiwa penjambretan terjadi pada Minggu (21/2) dini hari. Yusri mengatakan para tersangka ditangkap di kawasan Tangerang Selatan.

Para tersangka menjalankan peran masing-masing dalam melakukan aksinya itu. Salah satu tersangka, AM, bertindak sebagai eksekutor yang melakukan perampasan dan pembacokan.

"Sedangkan AY ini dia yang bertindak sebagai joki, sedangkan tersangka BA dia yang pantau situasi di lokasi," imbuhnya.

Kepada polisi, keduanya mengaku baru menjalankan aksinya dua kali. Namun, dari cara pelaku dalam melakukan eksekusinya polisi meyakini pelaku merupakan sindikat yang kerap melakukan aksi serupa.

"Mereka ini spesialis pencurian handphone di pinggir jalan, baik itu yang menyasar anak kecil atau orang dewasa," terang Yusri.

Reisidivis

Yusri mengatakan dari hasil pemeriksaan diketahui para pelaku merupakan residivis kasus narkoba. Para pelaku mengaku menggunakan uang hasil curiannya untuk membeli narkoba.

"Ketiganya ini residivis kasus narkoba. Hasil pencuriannya digunakan untuk beli barang haram (narkoba) ya. Kami setelah ini akan kita tes urine mereka," imbuh Yusri.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan dengan ancaman 9 tahun penjara.

Untuk diketahui, aksi pelaku sebelumnya viral di media sosial. Saat itu para pelaku melakukan penjambretan terhadap 4 remaja yang sedang nongkrong di Pondok Aren, Tangerang Selatan. Pelaku membawa senjata tajam hingga melukai seorang korban.

Kanit Reskrim Polsek Pondok Aren AKP Sumiran mengatakan penjambretan itu terjadi pada Minggu (21/2) sekitar pukul 02.00 WIB. Pelaku tiba-tiba menjambret handphone korban yang sedang nongkrong di depan musala.

"Iya itu ada anak-anak nongkrong aja itu jam 02.00, ada pelaku ya itu merampas HP-nya," ujar Sumiaran saat dihubungi detikcom, Senin (21/2).

Pelaku sempat menyerang korban dengan senjata tajam. Akibatnya, salah satu korban terluka. (ygs/mea)