Polisi Dalami Asal Mortir yang Ditemukan Warga di Kali Cipinang Jaktim

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 18:28 WIB
Tim Gegana mengamankan mortir yang ditemukan warga di Kali Cipinang, Jaktim. Foto dikirim Kapolsek Jatinegara Kompol Yusup Suhadma
Penemuan mortir di Kali Cipinang, Jaktim. (dok. Istimewa)
Jakarta -

Warga Cipinang, Jatinegara, Jakarta Timur, dihebohkan oleh penemuan mortir di Kali Cipinang sore tadi. Polisi masih mendalami asal-usul mortir tersebut.

"Mereka (Gegana Polda Metro) belum ngasih keterangan dari mana, punya siapa. Ini lagi diteliti dulu. Kemungkinan kan itu tahun berapa itu ya karena sudah gosong, sudah kebakar," kata Kapolsek Jatinegara Kompol Yusup Suhadma saat dihubungi detikcom, Senin (1/3/2021).

Mortir tersebut ditemukan oleh warga pencari besi di Kali Cipinang sekitar pukul 15.00 WIB. Dia memperkirakan berat mortir tersebut mencapai sekitar 50 kilogram.

"Ukurannya ada setengah meter, beratnya 50-an kilogram. Pas diangkat berempat aja berat. Tadi ada satu kita amankan," imbuhnya.

Lebih lanjut Yusup mengatakan pihaknya telah melakukan penyisiran di lokasi untuk memastikan ada-tidaknya barang serupa di tempat tersebut.

Dia mengatakan tim penjinak bom masih melakukan penelitian terkait keberadaan mortir di Kali Cipinang tersebut.

"Ya kita sosialisasi warga situ itu kan kali sudah pinggirannya sudah disisir. Mungkin juga itu bawaan dari aliran air dari mana mungkin kebawa air ke situ bisa juga. Kita masih dalami asal barang ini dari mana. Masih didalami tim jibom (penjinak bom)," pungkas Yusup.

Simak Video: 8 Mortir Ditemukan Terpendam di Ladang Jagung Ponorogo

[Gambas:Video 20detik]

(ygs/mea)