Marzuki Alie Ngaku Pernah Dilobi SBY agar Tak Jadi Caketum PD di KLB Bali

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 12:31 WIB
Mantan Ketua DPR Marzuki Alie usai menjalani pemeriksaan KPK terkait pembahasan e-KTP, Kamis (6/7/2017). Marzuki mengaku sempat mengetahui proyek ini bermasalah dalam tendernya.
Marzuki Alie (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Marzuki Alie mengaku pernah dilobi oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) agar dirinya tak menjadi calon ketua umum saat kongres luar biasa (KLB) Partai Demokrat (PD) di Bali. Marzuki mengaku sempat melakukan konsolidasi pada para pendukungnya.

Hal itu diceritakan Marzuki setelah politikus Demorkat Jhoni Allen Marbun mengungkapkan SBY pernah memintanya melobi Marzuki, yang merupakan eks Sekjen PD, agar tidak maju menjadi kandidat ketum saat KLB PD di Bali pada 2013.

Saat itu, Marzuki mengaku mendapat kabar bahwa SBY berhasrat menjadi Ketum PD. Dia kemudian menyebut banyak orang mulai melobi dirinya agar tak maju menjadi kandidat Ketum PD. Salah satu yang melobi, katanya, adalah Jhoni Allen Marbun.

"Tapi rupanya SBY ingin jadi ketum. Nah ingin jadi ketum kemudian saya kan nggak tahu tadinya. Akhirnya banyak yang lobi saya untuk supaya nyerahkan ke SBY, antara lain Jhoni Allen," ujarnya, Senin (1/3/2021).

Marzuki kemudian bercerita soal percakapan singkat antara dirinya dan Jhoni Allen Marbun. Awalnya, Marzuki sempat tidak percaya pada pernyataan Jhoni Allen.

"Saya ketemu Jhoni, 'Ke mana kau nih dicari-cari?' Kata Jhoni. Saya pagi tuh memang menghilang. Saya kan mengkonsolidasikan orang-orang saya. Sudah siang kan, ketemu Bang Jhoni. 'Wah kau gini, gini, gini'. 'Ya biasa Jhon, namanya kontestasi', saya bilang, demokrasi. Kan saya harus siapkan pasukan, saya bilang. 'Udahlah, terima ajalah Pak SBY mau jadi ketum' katanya. 'Ah bener', saya bilang. 'Aku nggak percaya'," ucapnya.

Marzuki mengatakan saat itu dirinya langsung dipertemukan dengan SBY untuk membicarakan hal tersebut. Dia menemui SBY bersama Jero Wacik sebagai saksi dalam pertemuan itu.

"Akhirnya diketemukan dengan SBY. Waktu diketemukan dengan SBY itu saya nggak mau sendiri. Waktu datang saya diminta SBY, saya bilang. Tapi saya minta ada saksi, saya tidak mau tidak ada saksi," ujarnya.

"Nah waktu di Bali Pak Jero Wacik (saksinya)," imbuhnya.

Simak video 'Termasuk Marzuki Alie, Ini 7 Kader Demokrat yang Dipecat!':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2