Banjir Bandang Terjang Dompu NTB, Belasan Motor-Hewan Ternak Hanyut

Faruk Nickyrawi - detikNews
Minggu, 28 Feb 2021 19:13 WIB
Kondisi pasca banjir di Dompu (Faruk-detik)
Foto: Kondisi pasca banjir di Dompu (Faruk/detikcom)
Dompu - Banjir bandang menerjang tiga desa di Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sejumlah mobil dan ternak hanyut terseret banjir.

"Di samping itu, 1 unit mobil pick up, 15 unit sepeda motor, 6 ekor sapi, 5 ekor kerbau dan puluhan ternak kambing dan lainnya dikabarkan hanyut terbawa arus banjir," ungkap Kasubag Humas Polres Dompu, Aiptu Hujaifah kepada detikcom, Minggu (28/2/2021).

Selain mobil dan ternak, sejumlah rumah juga terseret banjir bandang. Desa terdampak banjir paling parah adalah Desa Daha, dengan 36 unit rumah hanyut terbawa arus banjir dan 443 unit rumah lainnya rusak parah. Sementara itu terdapat 5 unit rumah rusak berat di Desa Rasabou dan di Desa Marada ada 2 unit rumah hanyut dan 9 unit lainnya rusak parah.

Kepala Desa Daha, Fadli, menuturkan banjir bandang terjadi akibat tingginya curah hujan yang terjadi di wilayah Kecamatan Hu'u sejak Sabtu (27/2), sekitar pukul 23.00 Wita hingga Minggu (28/2) pukul 05.00 Wita.

Hal itu menyebabkan air hujan dari beberapa anak sungai di atas gunung meluap ke daerah aliran sungai (DAS) induk yaitu sungai Sori Rewa.

"Oleh karena debit air yang volumenya melebihi daya tampung sungai mengakibatkan air tersebut meluap ke perkampungan warga yang sangat deras sehingga banyak rumah, fasilitas umum, kendaraan, ternak hanyut terbawa banjir," ungkapnya.

Simak video 'Longsor Terjang Lereng Gunung Bromo, Jembatan-Kandang Sapi Rusak':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)