Akibat Hujan Deras, Kecamatan Balusu di Sulsel Dilanda Banjir-Tanah Longsor

Hasrul Nawir - detikNews
Minggu, 28 Feb 2021 13:07 WIB
Tanah longsor di Barru, Sulsel (Hasrul Nawir)
Foto: Tanah longsor di Barru, Sulsel (Hasrul Nawir)
Barru -

Bencana banjir dan tanah longsor terjadi di Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Banjir dan tanah longsor disebabkan oleh intensitas hujan yang sangat tinggi, pada Minggu (28/2/2021).

Longsor terjadi di dusun Kamirie di dua titik sepanjang masing-masing 6 meter dan 8 meter yang membuat ambles jalur akses alternatif menuju Kabupaten Soppeng. Sementara banjir dengan ketinggian di atas 50 centimeter mulai menggenangi pemukiman warga di Desa Balusu.

"Banjir dan Longsor disebabkan oleh curah hujan yang cukup tinggi sejak semalam, dan saat ini masih deras," kata Ipda Arif, Kapolsek Balusu saat dihubungi detikcom, Minggu (28/2/2021).

Banjir, kata Arif, merupakan bencana musiman di daerah tersebut akibat luapan sungai Balusu yang merupakan titik pertemuan air dari sungai-sungai yang ada dari Dusun Paddumpu, Desa Balusu dan sungai Panasa, Dusun Kamiri Desa Kamiri.

"Curah hujan yang tinggi dan saluran air yang relatif sempit dan adanya material batu dan sampah yang menutup saluran air sehingga air meluap hingga ke pemukiman dan jalan," urainya.

Arif menghimbau kepada warga untuk tetap waspada. Hal ini mengingat curah hujan masih relatif tinggi hingga saat ini.

"Daerah sepanjang Dusun Tanru Tedong, dusun Rumpiah serta dusun Kamiri desa merupakan daerah rawan longsor di wilayah kecamatan Balusu pada saat curah hujan tinggi, dan diprediksi kejadian serupa masih akan terjadi pada titik lokasi rawan tersebut , sementara ketinggian air di pemukiman warga berpotensi naik apabila curah hujan masih tinggi," tuturnya.

Simak video 'Longsor Terjang Lereng Gunung Bromo, Jembatan-Kandang Sapi Rusak':

[Gambas:Video 20detik]



(rdp/rdp)