Paspampres Sebut Hari Ini Tak Ada Lagi Sunmori Terobos Ring 1

Tim Detikcom - detikNews
Minggu, 28 Feb 2021 12:18 WIB
Pasukan pengaman presiden melakukan sterilisasi di kediaman Selvi  Ananda, Jalan Kutai, Sumber, Solo, Jawa Tengah, Selasa (9/6/2015). Direncanakan nanti malam akan berlangsung lamaran menjelang pernikahan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda di rumah tersebut. Anggota Paspampres memeriksa dan melakukan sterilisasi kediaman Selvi Ananda. Agung Pambudhy/detikcom.
Ilustrasi Paspampres (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Viral di media sosial rombongan pemotor diberhentikan dan dilumpuhkan Paspampres saat melintasi kawasan Ring 1 Istana Negara pada minggu lalu. Paspampres menyebut pagi ini tidak ada kasus pelanggaran pengamanan kawasan Ring 1.

"Hari ini aman (tidak ada pelanggaran) dan hari-hari berikutnya akan selalu aman apabila masyarakat umum memahami hak dan kewajibannya," kata Asisten Intelijen Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Letkol Inf Wisnu Herlambang,saat dihubungi, Minggu, (28/2/2021).

Diketahui pada Minggu (21/2) rombongan komunitas pemotor sunday morning riding (sunmori) diberhentikan dan dilumpuhkan oleh Paspampres saat melintasi Jl Veteran III, Jakarta Pusat. Rombongan pemotor tersebut dihentikan karena menerobos jalan yang ditutup dan tengah dilakukan instalasi pengamanan VVIP.

Pemotor tersebut sempat diamankan dan selanjutnya diberi edukasi terkait pengamanan kawasan ring 1. Harapannya kasus serupa tidak terulang.

"Setelah kejadian itu pengendara motor tersebut dilakukan pemeriksaan terhadap identitas, kelengkapan surat-surat kendaraan dan apakah mereka membawa alat atau bahan-bahan yang dapat membahayakan instalasi VVIP. Selanjutnya pengendara tersebut diedukasi tentang ring 1 dan jangan sampai mengulangi perbuatannya kembali," kata Wisnu.

"Kita tidak melaporkan ke kepolisian, setelah diedukasi secara persuasif atas tindakan pengendara motor tersebut selanjutnya mereka dilepas oleh anggota," imbuhnya.

Sebelumnya, viral di media sosial rombongan pemotor diberhentikan dan dilumpuhkan oleh Paspampres saat melintasi Jl Veteran III, Jakarta Pusat. Rombongan pemotor tersebut dihentikan karena menerobos jalan yang ditutup dan tengah dilakukan instalasi pengamanan VVIP.

"Anggota Paspampres yang sedang melaksanakan tugas pengamanan instalasi di Kantor Wapres terpaksa melumpuhkan pengendara motor/komunitas motor yang sedang melaksanakan Sunday Morning Riding (Sunmori)karena memaksa menerobos Jalan Veteran III yang ditutup oleh pembatas jalan (cones)," kata Komandan Pasukan Pengaman Presiden (DanPaspampres), Mayjen TNI Agus Subiyanto, saat dikonfirmasi, Jumat (26/2/2021).

Diketahui, Jalan Veteran III merupakan kawasan Ring 1, yang mana bersebelahan dengan kantor Wakil Presiden RI. Kejadian itu terjadi pada hari Minggu (21/2) pagi, saat itu sedang dilakukan instalasi pengamanan VVIP sehingga saat ada orang yang menerobos jalanan yang ditutup telah masuk kegiatan yang mengancam.

Simak video 'Catat! Ini Wilayah yang Masuk Klasifikasi Ring 1':

[Gambas:Video 20detik]



(yld/imk)