Aplikasi Good Doctor Siap Bantu Masyarakat Akses Layanan Kesehatan

Yudistira Imandiar - detikNews
Sabtu, 27 Feb 2021 12:51 WIB
Good Doctor
Foto: detikcom
Jakarta -

Situasi pandemi COVID-19 turut mengubah cara masyarakat Indonesia dalam mengakses layanan kesehatan. Untuk meminimalisir potensi penularan virus Corona, layanan konsultasi dokter melalui telemedicine menjadi alternatif yang banyak dipilih masyarakat.

Dengan telemedicine, masyarakat tak perlu keluar rumah untuk bertatap muka dengan dokter. Konsultasi dapat dilakukan secara online melalui smartphone atau komputer.

Selama pandemi COVID-19, McKinsey melaporkan 44 persen responden dalam survei yang mereka lakukan beralih dari layanan kesehatan tatap muka ke layanan telemedicine.

Good Doctor bertujuan memberikan layanan kesehatan yang memadai bagi setiap orang di berbagai wilayah Indonesia. Terlebih di masa pandemi, saat orang-orang ragu untuk mengakses layanan kesehatan di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya, Good Doctor memberikan pilihan yang lebih aman bagi setiap orang yang ingin berkonsultasi dengan dokter.

Untuk memperluas layanan kesehatan berbasis online bagi masyarakat, Good Doctor akan merilis aplikasi digital tersendiri. Kehadiran aplikasi ini merupakan realisasi dari visi Good Doctor untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Indonesia.

Dalam aplikasi tersebut, tersedia fitur chat dengan dokter yang dapat diakses setiap waktu (24/7). Pengguna pun dapat berkonsultasi dengan 26 ragam spesialisasi dokter, mulai dari spesialis anak hingga spesialis kandungan, lewat aplikasi sesuai kebutuhan. Pengguna juga bisa langsung membeli obat yang disarankan dokter dan diantar dalam 1 jam. Good Doctor bermitra dengan lebih dari 2.000 apotek resmi di Indonesia. Langsung unduh aplikasinya di sini dan pengguna dapat langsung melihat tampilan aplikasi yang modern mudah untuk digunakan.

Event peluncuran aplikasi Good Doctor mengangkat tajuk besar 'Good Doctor Good Indonesia'. Tajuk tersebut merupakan ungkapan apresiasi kepada para dokter yang menjadi garda terdepan penanganan COVID-19. Para dokter memiliki peran vital dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Acara yang akan berlangsung tanggal 1 Maret 2021 itu akan menampilkan Hamish Daud dan Raisa sebagai representasi keluarga yang mengedepankan kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat dalam kesehariannya.

Selain itu Managing Director Good Doctor Indonesia, Danu Wicaksana, dijadwalkan akan hadir bersama dengan Ketua Umum PB IDI, dr Daeng M Faqih, untuk berbicara mengenai berbagai macam isu kesehatan di Indonesia serta inisiatif dari Good Doctor untuk memudahkan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat luas.

Tak hanya menyajikan talkshow, launching Good Doctor juga akan dimeriahkan penampilan musik spesial dari Raisa.

Peluncuran aplikasi Good Doctor akan disiarkan melalui live streaming di website detikcom, CNN Indonesia, serta kanal YouTube Good Doctor dan Instagram Gooddoctor.id pada Senin 1 Maret 2021 pukul 13.00 WIB.

(fhs/ega)