Round-Up

Ajakan NasDem untuk Konvensi Capres Bertepuk Sebelah Tangan

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 27 Feb 2021 08:50 WIB
Ilustrasi Partai NasDem
Partai NasDem (Ari Saputra/detikcom)

Sekjen NasDem Johnny G Plate menegaskan partainya tak menarget tokoh tertentu di konvensi. Dia menegaskan konvensi tersebut benar-benar digelar untuk mencari putra terbaik bangsa sebagai calon presiden.

"Saat ini belum ada nama figur capres NasDem yang disiapkan mengikuti kontestasi Pilpres 2024, walaupun NasDem melihat banyak potensi figur nasional yang mempunyai peluang mengikuti konvensi capres tersebut. Dengan demikian, tidak tepat jika terlalu dini mengidentifikasi figur tertentu sebagai capres NasDem Pilpres 2024," kata Johnny menjawab pertanyaan apakah konvensi NasDem dirancang untuk mendukung calon tertentu, Jumat (26/2/2021).

NasDem, kata Johnny, mempersiapkan konvensi pilpres tahun 2022 agar cukup waktu persiapan dan tersedia kesempatan yang cukup bagi masyarakat untuk mengambil bagian secara aktif pada konvensi tersebut, yang disebutnya akan dilaksanakan secara transparan, menjaga fairness dan partisipasi yang luas serta bottom up. NasDem, dia melanjutkan, secara aktif memulai komunikasi politik dengan rekan-rekan pimpinan parpol yang diyakini mempunyai platform, visi, dan misi yang sejalan dengan NasDem.

Sesuai hasil Pileg 2019, masih kata Johnny, jumlah suara NasDem belum cukup mengusung sendiri capres 2024, sehingga partainya akan membangun koalisi parpol dengan jumlah suara minimal 20 persen untuk memenuhi persyaratan presidential threshold sebagaimana persyaratan UU Pemilu. Hal ini untuk memastikan bahwa hasil konvensi capres tersebut mempunyai tiket untuk menjadi peserta Pilpres 2024.

"Kami tentu akan mengajak rekan parpol koalisi untuk lebih memperluas koalisi agar mempunyai daya dukung elektoral yang lebih kompetitif pada Pilpres 2024. Tim konvensi akan dibentuk dari untuk politisi partai koalisi dan didukung dengan lingkungan akademis, aktivis, tokoh masyarakat agar mampu menghasilkan paslon cares yang betul-betul mempunyai kompetensi dan basis elektoral yang memadai untuk memimpin negara pada periode 2024-2029," papar Johnny.

Halaman

(imk/imk)