Round-Up

Ajakan NasDem untuk Konvensi Capres Bertepuk Sebelah Tangan

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 27 Feb 2021 08:50 WIB
Ilustrasi Partai NasDem
Partai NasDem (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Partai NasDem sudah ancang-ancang menggelar konvensi capres meski Pilpres 2024 masih tiga tahun lagi. Sayangnya, ajakan ke partai lain untuk berkoalisi bertepuk sebelah tangan.

Konvensi capres itu rencananya digelar NasDem pada 2022. "Partai NasDem akan secara serius menyelenggarakan konvensi calon presiden pada 2022," kata Sekjen DPP Partai NasDem Johnny G Plate saat konferensi pers secara daring seperti dikutip dari Antara, Jumat (26/2/2021).

Johnny menerangkan, melalui konvensi ini, Partai NasDem ingin menegaskan diri sebagai partai inklusif yang bisa menerima pemikiran dan pandangan politik dari berbagai kalangan masyarakat.

Dia menegaskan konvensi capres NasDem akan terbuka untuk semua pihak. Tidak hanya dari internal partai, bahkan bisa juga partai koalisi pendukung saja. NasDem saat ini tengah membangun koalisi dan menyusun kriteria, tata cara, prosedur, hingga jadwal konvensi.

Lebih lanjut, konvensi capres ini tidak akan menghasilkan calon presiden, tetapi NasDem juga akan membentuk koalisi dengan partai yang memiliki kesamaan visi dan misi. Koalisi lebih awal ini dilakukan agar calon presiden yang dihasilkan dari konvensi telah memiliki tiket untuk maju pada Pilpres 2024.

"Dengan tujuan agar konvensi capres menghasilkan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang memiliki atau mendapat tiket untuk ikut dalam pemilihan presiden 2024," paparnya.

Hanya, gayung belum bersambut. Belum ada parpol yang menyambut ajakan koalisi NasDem untuk konvensi.

Pernyataan mereka dapat disimak di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4