Polres Jakbar Gagalkan Penyelundupan 100 Kg Ganja dalam 3 Drum di Depok

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 21:10 WIB
Polisi membongkar drum berisi 100 kilogram ganja di Depok.
Polisi membongkar drum berisi 100 kilogram ganja di Depok. (Istimewa/dok. Polres Metro Jakarta Barat)
Jakarta -

Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis ganja di daerah Depok, Jawa Barat. Total ada dua pelaku yang ditangkap polisi terkait kasus tersebut.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo mengatakan kedua pelaku yang ditangkap berinisial PYP (25) selaku kurir dan DK (26) sebagai pemesan ganja. Keduanya diamankan di daerah Margonda, Depok, Jawa Barat pada Selasa (16/2/2021).

"Benar, anggota kami telah mengungkap kasus narkotika jenis ganja. Ini masih kami kembangkan," kata Ady dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (26/2).

Menurut Ady, polisi menyita barang bukti berupa ratusan kilogram ganja. Ganja tersebut disimpan di dalam 3 buah drum besar.

"Di atas 100 kilogram," imbuh Ady.

Sementara itu, Kanit 2 Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKP Hasolan Situmorang menambahkan, pengungkapan kasus tersebut bermula dari laporan masyarakat. Dia menyebut pihaknya mendapatkan informasi akan adanya pengiriman narkoba ke wilayah Jakarta Barat dalam jumlah besar.

Polisi pun kemudian melakukan penyelidikan dari informasi awal tersebut. Setelah melakukan pengintaian kepada pelaku, polisi mendapatkan informasi akan adanya transaksi pelaku yang dilakukan di Depok.

Hasolan mengatakan kedua pelaku kemudian berhasil ditangkap di lokasi transaksi. Dia menyebut untuk menutupi aksinya, pelaku menyamarkan ratusan kilogram ganja tersebut menggunakan tiga drum berukuran besar.

"Ada terjadi transaksi di kawasan Depok, Jawa Barat. Saat ditangkap, ganja itu dikamuflasekan dengan drum sebanyak tiga buah drum ukuran besar untuk kelabui petugas kepolisian," beber Hasolan.

Hingga kini, kedua pelaku telah ditangkap di Polres Metro Jakarta Barat. Polisi masih melakukan penyelidikan untuk mengungkap sindikat dari asal ratusan kilogram ganja tersebut.

(ygs/mea)