Bacaan Doa Kafaratul Majelis untuk Menutup Acara Sesuai Sunnah

Puti Yasmin - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 19:59 WIB
Masjid Amru bin Ash, Mesir
Foto: (Istimewa)/Ilustrasi Bacaan Doa Kafaratul Majelis untuk Menutup Acara Sesuai Sunnah
Jakarta -

Ada banyak keutamaan yang bisa diperoleh dalam menghadiri majelis ilmu. Agar lebih berkah, sahabat Hikmah juga bisa membaca doa kafaratul majelis saat menutup acara.

Dalam hadits riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda orang yang hadir dalam sebuah majelis ilmu dapat dikelilingi oleh malaikat hingga rahmat.

Dari Abu Hurairah dan Abu Sa'id RW, mereka berkata,"Rasulullah SAW bersabda, 'Tidak lah suatu kaum duduk berdzikir (mengingat) Allah, melainkan mereka dikelilingi oleh para malaikat, diliputi oleh rahmat, diturunkan sakinah (ketenangan), dan mereka disebut oleh Allah di hadapan malaikat yang ada di sisi-Nya'."

Doa Penutup Majelis:

Dikutip dari buku 'Doa-Doa Rasulullah SAW' karya Ibnu Taimiyah, doa kafaratul majelis sunnah diriwayatkan oleh Tirmidzi, dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda,

"Barang siapa duduk di suatu majelis, kemudian di dalamnya banyak kegaduhan, lalu ia membaca doa berikut sebelum meninggakan majelisnya

Arab:

Doa Kafaratul MajelisDoa Kafaratul Majelis Foto: istimewa

Latin: Subhaanakal laahumma wa bi hamdika asyhadu al laa ilaaha illaa anta astagfiruka wa atuubu ilaiik

Artinya: Mahasuci Engkau Ya Allah, dan dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tuhan yang berhak disembah melainkan Engkau. Aku memohon ampunan dan bertaubat kepada Engkau."

Sahabat Hikmah, jangan lupa baca doa kafaratul majelis ya saat menutup acara!

(pay/erd)