Plh Bupati Ogan Ilir soal Penampungan BBM yang Meledak: Ini Ilegal

Prima Syahbana - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 19:32 WIB
Kebakaran di Ogan Ilir (Dok Istimewa)
Foto: Kebakaran di Ogan Ilir (Dok Istimewa)
Ogan Ilir -

Ledakan tangki dari penampungan minyak menyebabkan kebakaran hebat di Ogan Ilir, Sumatera Selatan (Sumsel). Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir memastikan penampungan BBM yang meledak itu ilegal.

Mulanya, Plh Bupati Ogan Ilir, Aufa Syahrizal berkunjung langsung ke lokasi kebakaran pada Jumat (26/2). Ia turut prihatin atas terbakarnya 11 rumah akibat ledakan tersebut.

"Kita turut prihatin ada 11 rumah yang ikut terbakar akibat kelalaian ini. Dimana baru saya ketahui disini ada kegiatan penampungan bahan bakar minyak yang ilegal," ungkap Aufa ketika ditemui wartawan di lokasi kejadian, Jumat (26/2/2021).

Dia mengatakan akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menyelidiki kasus kebakaran ini. Ia menilai adanya aktivitas penampungan BBM ilegal tersebut harus secepatnya ditertibkan karena membahayakan warga.

"Ini ilegal, tidak ada izinnya. Selain itu, membahayakan karena berada di tengah pemukiman warga. Apabila masih ada warga yang melakukan harus diberikan sanksi," katanya.

Aufa meminta aparat kepolisian untuk mengawal kasus gudang BBM ilegal ini dan mencari tahu apa sebenarnya penyebab kebakaran tersebut.

"Saya akan minta aparat kepolisian agar gudang minyak ini dibongkar dan cari tempat lain," jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Ogan Ilir, AKBP Yusantiyo Sandhy mengatakan pihaknya hingga kini masih mendalami informasi yang ada.

"Saya dalami dulu informasi-informasi yang ada," kata Yusantiyo kepada detikcom, Jumat (26/2/2021).

Kapolres mengaku penyebab kebakaran yang menyebabkan beberapa rumah terbakar di Ibul Barat II, Pemulutan, itu masih diselidiki.

(isa/isa)