Pelantikan Bupati Sabu Raijua Terpilih Ditunda, PDIP: Sifatnya Biasa Saja

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 16:10 WIB
Bupati terpilih Sabu Raijua
Foto: dok. Facebook
Sabu Raijua -

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menunda pelantikan Bupati Sabu Raijua terpilih Orient P Riwu Kore. PDIP yang mengusung Orient di pilkada serentak lalu menilai penundaan pelantikan itu sifatnya biasa saja.

"Jadi penundaan itu sifatnya biasa saja sambil kita tunggu apa putusan akhir dari pemerintah," kata Ketua Bappilu PDIP NTT Cendana Abubakar saat dimintai konfirmasi, Jumat (26/2/2021).

Cendana menjelaskan, sejak awal, partai pengusung konsisten atas sikap pemerintah tentang penundaan pelantikan Orient hari ini. Meski begitu, pihaknya juga menunggu sikap tegas pemerintah atas masalah ini.

"Ini kan penundaan pelantikan, kita kan belum tahu pembatalan. Masih menunggu penyelesaian. Kan kita ikut menunda pelantikan karena statusnya masih diselesaikan di departemen terkait," kata dia.

Artinya, ketika ada sikap pemerintah atas penundaan ini, partai pengusung tidak mempermasalahkan. Sikap akhir tentang status kewarganegaraan dari Orient disebut Cendana lebih diketahui oleh pihak pemerintah. Cendana menyebut belum mengetahui sampai kapan penundaan pelantikan akan dilakukan.

"Kita anggap biasa biasa saja. Pak Orient juga tahu dan mendukung sikap pemerintah soal penundaan pelantikan dirinya," ucapnya.

"Penundaan ini kan baru ada kepastian hukum baru bisa dikeluarkan opsi-opsi yang pemerintah bicara. Kita biar saja pemerintah menyelesaikan dalam model apa, ya kita konsisten," imbuhnya.

(tfq/nvl)