Ini Target 100 Hari Bupati Gowa dan Maros yang Baru Dilantik Gubernur Sulsel

Ibnu Munsir - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 15:04 WIB
Pasangan Bupati-Wakil Bupati Maros terpilih Chaidir Syam-Suhartina Bohari dilantik Gubernur Sulsel (dok. Istimewa).
Pasangan Bupati-Wakil Bupati Maros terpilih Chaidir Syam-Suhartina Bohari dilantik Gubernur Sulsel. (Foto: dok. Istimewa)
Makassar -

Pasangan Bupati-Wakil Bupati Gowa terpilih, Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Mallagani; dan pasangan Bupati-Wakil Bupati Maros terpilih, Chaidir Syam-Suhartina Bohari, hari ini resmi diambil sumpah dan dilantik Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah. Berikut ini target 100 hari 2 pasangan bupati-wakil bupati yang memimpin daerah penyanggah Makassar sebagai Ibu Kota Sulsel tersebut.

Adan bersama wakilnya, Abdul Rauf Mallagani (Karaeng Kio), yang memimpin Gowa di periode kedua menargetkan 100 hari pertama kepemimpinannya pada perampungan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Dia menegaskan RPJMD harus menjadi acuan utama pembangunan di Gowa.

"Para jajaran SKPD (Pemkab Gowa) juga harus mempunyai acuan apa yang harus diketahui dikerjakan satu tahun pertama. RPJMD ini paling penting karena itulah arah kita lima tahun ke depan," kata Adnan di Rujab Gubernur Sulsel, Jalan Jenderal Sudirman, Jumat (26/2/2021).

Berikutnya, Adnan akan membawa perusahaan untuk berinvestasi di Gowa di 100 hari pertama kepemimpinannya.

"Kami akan melakukan penandatanganan kerja sama dengan Cimory (PT Cisarua Mountain Dairy), yang akan berinvestasi di Kabupaten Gowa, dengan menghadirkan kafe dan resto, industri susu, dan pengelolaan susu seluas 5 hektare di Kecamatan Tinggimoncong. Peletakan batu pertama direncanakan 16 Maret mendatang," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Maros Chaidir Syam bersama wakilnya, Suhartinya, memfokuskan 100 hari pertama kepemimpinannya pada penanganan pandemi COVID-19.

"Kita juga akan mendukung secara maksimal penanganan COVID-19 di Kabupaten Maros sambil juga kita akan melakukan pemulihan ekonomi untuk ke depanya insyaallah," kata Chaidir setelah dilantik di Rujab Gubernur Sulsel.

Selain itu, Chaidir akan melakukan pendataan potensi SDM bagi masyarakat di Kabupaten Maros, potensi pemuda juga akan menjadi hal yang utama.

"Seratus hari kerja kita akan mendata baik dengan potensi baik pemuda, kemudian masyarakat apa dibutuhkan dan utama kita bangkitkan mereka secara SDM dan kemampuannya," jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah melantik 11 kepala daerah bupati/wali kota hasil Pilkada Serentak 2020 di Baruga Karaeng Pattingalloang, Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Jumat (26/2). Pelantikan dilakukan secara langsung dengan protokol kesehatan yang ketat.

(nvl/nvl)