Pengacara Tepis Tudingan KPK soal Edhy Prabowo Manfaatkan Kunjungan Online

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 13:17 WIB
KPK kembali memeriksa mantan Menteri KKP Edhy Prabowo. Pemeriksaan itu dilakukan terkait dengan kasus yang kini tengah menjeratnya yakni suap ekspor benur.
Edhy Prabowo (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Pengacara Edhy Prabowo (EP), Soesilo Aribowo, menjawab tudingan KPK soal kliennya memanfaatkan kunjungan online tahanan bukan untuk keluarga. Soesilo menyebut Edhy saat itu hanya berkomunikasi dengan keluarganya.

"Setahu saya, Pak EP Zooming dengan keluarga yang berbarengan dengan Zooming Pak Andreau (Pribadi Misanta)," kata Soesilo saat dihubungi, Jumat (26/2/2021).

Soesilo menjelaskan, pada kunjungan online untuk keluarga, Senin (1/2), Edhy memang berbarengan dengan mantan staf khususnya, Andreau Pribadi Misanta. Dia menyebut Edhy selesai melakukan kunjungan online duluan dan sempat dikenalkan dengan saudara Andreau.

"Sepertinya Pak EP kelar duluan, kemudian menyapa saudara Andreau karena dikenalkan oleh Andreau," ujar Soesilo.

Soesilo mengaku tidak mengenal sosok saudara Andreau yang dikenalkan kepada Edhy. Dia juga tidak menanggapi lebih lanjut soal munculnya pihak lain yang dihubungi Edhy dalam kunjungan online.

"Kalau siapa namanya, saya nggak tahu. Yang jelas Pak EP itu tidak kenal awalnya," jelasnya.

Sebelumnya, KPK menyebut mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo memanfaatkan kunjungan online tahanan bukan untuk keluarga. Padahal seharusnya fasilitas kunjungan online itu dimanfaatkan untuk keluarga inti.

"Pihak yang turut hadir dalam kunjungan online dimaksud ternyata tidak tercatat dan terdaftar sebagai bagian dari pihak keluarga para tersangka," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (24/2/2021).

Ali menyebut Edhy Prabowo menyalahgunakan fasilitas kunjungan online untuk keluarga terjadi pada Senin, 1 Februari 2021. Namun Ali tak menyebut siapa yang dihubungi Edhy saat itu.

"Sebagaimana informasi yang kami terima, Senin (1/2/2021), Rutan KPK telah memfasilitasi kunjungan online tahanan bagi keluarga tersangka EP (Edhy Prabowo dan tersangka Andreau Misanta Pribadi)," ucap Ali.

"Sebagaimana tercatat dan mendapatkan izin oleh pihak Rutan KPK untuk melakukan kunjungan online adalah keluarga inti dari tersangka EP dan tersangka AMP," tambahnya.

Terkait munculnya pihak lain yang dihubungi Edhy dan Andreau dalam kunjungan online, pihak Rutan KPK telah melakukan pemeriksaan. Akibat kejadian itu, KPK akan memperketat kunjungan online untuk Edhy dan Andreau.

Lihat juga Video: KPK Sita Vila dan Tanah Milik Edhy Prabowo di Sukabumi

[Gambas:Video 20detik]



(run/tor)