BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat di Jabodetabek 26-27 Februari

Jabbar Ramdhani - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 21:58 WIB
ilustrasi hujan
ilustrasi hujan (Foto: GettyImages)
Jakarta -

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca di Jakarta dan sekitarnya. BMKG memprediksi hujan lebat terjadi di Jakarta dan sekitarnya pada 26-27 Februari.

"Hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat dapat terjadi di beberapa wilayah Jabodetabek pada tanggal 26-27 Februari 2021 terutama pada malam hingga dini hari," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, dalam keterangan tertulis, Kamis (25/2/2021).

Hujan lebat hingga sangat lebat berpotensi terjadi akibat keberadaan bibit siklon tropis di selatan Pulau Jawa. Keberadaan bibit siklon tropis tersebut memicu peningkatan pertumbuhan awan hujan.

"Keberadaan bibit siklon tropis di Samudera Hindia selatan Jawa Barat berpengaruh pada terjadinya perlambatan dan belokan angin di sebagian besar Jawa bagian barat yang pada gilirannya dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan," kata Guswanto.

Wilayah Jakarta yang berpotensi terjadinya hujan lebat ialah Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur.

Hujan lebat juga diprediksi mengguyur Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, dan Kota Bogor.

Sementara itu, BMKG melaporkan potensi hujan sangat lebat akan terjadi di Kabupaten Bogor serta Kabupaten Lebak. Berikut daftar daerahnya:

Kabupaten Bogor
1.Jasinga
2.Cigudeg
3.Sukajaya
4.Nanggung
5.Cijeruk
6.Pamijahan
7.Tenjolaya
8.Tamansari
9.Leuwiliang
10.Leuwisadeng
11.Cibungbulang
12.Ciseeng
13.Cigombong

Kabupaten Lebak
1.Curugbitung
2.Sajira
3.Cimarga
4.Leuwidamar
5.Cipanas
6.Sobang
7.Lebakgedong

"Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir)," jelasnya.

Selain itu, BMKG juga meminta warga waspada akan potensi banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

(isa/jbr)