Blusukan di Roxy Jakpus, Risma Ajak Pasutri Pemulung ke Balai Rehabilitasi

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 16:02 WIB
Risma blusukan di sekitar Roxy Jakarta Pusat, temui pemulung.
Risma blusukan di sekitar Roxy Jakarta Pusat (Foto: Dok. Humas Kementerian Sosial)
Jakarta - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma) kembali melakukan aksi blusukan di tengah perjalanannya ke kantor. Risma menyapa pemulung yang merupakan pasangan suami istri (pasutri) serta ibu dengan dua anak di sekitar ITC Roxy Mas, Jakarta Pusat (Jakpus), pagi tadi.

"Menteri Sosial dalam perjalanan menuju kantor menyapa Anto dan Novi, suami istri yang bekerja sebagai pemulung. Kegiatan jam 06.00 WIB di depan ITC Roxy Mas Jakarta. Sebelumnya Anto pernah bekerja sebagai kuli di Adhi Karya," ujar Kepala Publikasi dan Pemberitaan Kementerian Sosial (Kemensos) Herman Koswara melalui keterangan tertulis, Kamis (25/2/2021).

"Selain itu juga Mensos bertemu dengan Siti Ropiah, seorang ibu dengan 2 anaknya yang sedang tidur di emperan toko di Jalan Hasyim Ashari seputaran ITC Roxy Mas," sambungnya.

Berdasarkan video yang diterima detikcom, Risma, yang berbalut batik berwarna perpaduan kuning-hijau-cokelat, tampak menyapa seorang ibu dengan dua anak. Siti Ropiah, yang memakai pakaian hitam, beserta kedua anaknya terlihat duduk dan tiduran di emperan toko.

Risma terlihat memberi makanan kepada keluarga itu berupa nasi kotak. Dia mengajak Siti Ropiah beserta anak-anaknya tak ragu menerima makanan itu.

Kemudian, Risma juga menyapa Anto, yang merupakan mantan kuli di BUMN, beserta istrinya yang bernama Novi. Mereka, yang sedang membawa gerobak, tampak disapa Risma di pinggir jalan.

Semua orang yang ditemui Risma itu dibawa ke Balai Rehabilitasi Pangudi Luhur Bekasi. Herman berharap mereka bisa memperbaiki ekonomi dengan meningkatkan keterampilan di Balai Pangudi Luhur.

"Saat ini mereka didampingi Tim Reaksi Cepat Kemensos ke Balai Pangudi Luhur untuk diberikan pelatihan keterampilan yang diharapkan mampu memperbaiki ekonomi mereka," tandas Herman.

Simak juga Video: Kunjungi Balai Rehabilitasi Sosial, Risma Beri Semangat ke Tunawisma

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)