Mendadak, Mahyeldi-Audy Dilantik Jokowi Besok Jadi Gubernur dan Wagub Sumbar

Jeka Kampai - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 20:32 WIB
Paslon di Pilgub Sumbar Mahyeldi-Audy Joinaldy
Mahyeldi-Audy Joinaldy (Jeka Kampai/detikcom)
Padang - Pasangan Mahyeldi dan Audy Joinaldy akan dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar di Istana Negara, Jakarta. Pelantikan itu akan berlangsung besok.

"Besok Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar terpilih, akan dilantik oleh Presiden di Istana Negara," kata Kepala Dinas Kominfo Sumaterera Barat Jasman Rizal kepada wartawan, Rabu (24/2/2021).

Mahyeldi-Audy sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar sebagai pemenang Pilkada 2020. Pelantikan Mahyeldi-Audy ini lebih cepat dari rencana awal. Semula, mereka diagendakan akan dilantik pada awal Maret nanti.

"Besok dilantik di Istana Negara, tidak tahu juga kenapa mendadak. Itu perintah pemerintah pusat, kewenangan Presiden, kalau diperintahkan kita tentu melaksanakan," kata Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Sumbar Iqbal Ramadi Payana di tempat terpisah.

Iqbal menyebut Pemprov Sumbar tidak melakukan persiapan khusus karena pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta. Mahyeldi-Audy merupakan pemenang Pilkada 2020 Sumbar yang diusung koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat menetapkan pasangan nomor urut empat Mahyeldi-Audy Joinaldy sebagai pemenang Pilgub Sumbar 2020. Pasangan ini meraih 726.853 suara.

Audy Joinaldy mengaku sudah berada di Jakarta. "Sejauh ini persiapan sudah melakukan rangkaian protokol kesehatan, swab test dan lain sebagainya. Insyaallah jam 9 akan dilantik," kata Audy.

Usai pelantikan akan dilanjutkan dengan serah-terima jabatan dari Pj Gubernur, Hamdani.

Simak video 'Mahyeldi-Audy Sah Jadi Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar Terpilih':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)