UMN dan Indonesia SIPF Teken MoU Pengembangan Galeri Investasi

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 15:02 WIB
UMN
Foto: UMN
Jakarta - Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan Indonesia Securities Investor Protection Fund (SIPF) menandatangani nota kesepahaman (MoU) pengembangan galeri investasi BEI di UMN. Hal itu dilakukan untuk mendukung keamanan dalam berinvestasi di lingkup pelajar melalui aplikasi game GASING (Gamifikasi Saham dan Proteksi Investor).

Direktur Utama Indonesia SIPF Narotama Aryanto mengatakan tujuan dalam kerja sama ini yakni Indonesia SIPF ingin turut andil dalam kemajuan pasar modal Indonesia, yang salah satunya memberikan dukungan pada pengembangan melalui investasi BEI sebagai ujung tombak pelaksanaan edukasi di kampus maupun di masyarakat luas.

"Tentu kami juga ingin memfasilitasi kebutuhan, baik untuk pengembangan media pembelajaran maupun sarana literasi dan inklusi kepada masyarakat luas," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (23/2/2021).

Sementara, Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Hasan Fawzi menambahkan saat ini telah terjadi fenomena secara global, di mana semua orang berinteraksi melalui teknologi secara online. Dia berharap hal ini memungkinkan semua orang untuk terus berkarya di tengah pembatasan dan keterbatasan interaksi fisik.

"Untuk itu, kami sangat menyambut baik dan mengapresiasi inovasi program yang dilahirkan dari Galeri Investasi BEI UMN, yang merupakan kolaborasi, tidak hanya di internal UMN saja, tapi juga menggandeng Indonesia SIPF dengan tujuan mengenalkan sedari awal literasi untuk saham, dan bagaimana proteksi investor dapat dihadirkan melalui peran dan fungsi Indonesia SIPF, khususnya kepada adik-adik kita, calon-calon investor muda," jelasnya.

Hal tersebut sesuai dengan pernyataan Florentina Kurniasari Dekan Fakultas Bisnis sekaligus Penanggung Jawab Galeri Investasi BEI UMN, bahwa game GASING dapat menjadi sarana edukasi pasar modal yang ditargetkan untuk kalangan siswa SMA, agar memiliki pemahaman awal terhadap saham serta Indonesia SIPF sebagai lembaga proteksi.

"Kita selalu diingatkan, untuk bersama-sama berjuang, agar ekonomi baik sektor modern maupun tradisional dapat kembali bangkit. Mari kita selalu tingkatkan excellence, sifat yang unggul. Semoga kerja sama ini bisa berbuah, tidak berhenti di Nota Kesepahaman, tapi selalu ada hasil yang bisa dirasakan manfaatnya oleh semua pihak, baik UMN, Indonesia SIPF, Phillip Sekuritas Indonesia, dan BEI tentunya," sambung Rektor UMN Ninok Leksono.

Diketahui, untuk meningkatkan keamanan dalam berinvestasi di pasar modal Indonesia, maka setiap aset investor diberikan perlindungan dengan pembentukan Dana Perlindungan Pemodal oleh Indonesia Securities Investor Protection Fund (SIPF). Indonesia SIPF adalah perusahaan yang menyelenggarakan program Dana Perlindungan Pemodal, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Indonesia SIPF dalam program Corporate Social Responsibility & Sustainability (CSR&S), baru-baru ini telah menyelenggarakan kompetisi Business Plan yang diikuti berbagai universitas di Indonesia. Galeri Investasi BEI UMN menjadi salah satu pemenang dengan menciptakan aplikasi game GASING (Gamifikasi Saham dan Proteksi Investor), yang merupakan karya bersama dari Fakultas Bisnis, Fakultas Seni & Desain, serta Fakultas Teknik & Informatika UMN. (ads/ads)