Perkuat Kedeputian Penindakan, KPK Lantik 11 JPU Baru dari Kejagung

Farih Maulana Sidik - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 13:04 WIB
Gedung KPK
Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta -

KPK melantik 11 jaksa penuntut umum (JPU) baru yang berasal dari Kejaksaan Agung (Kejagung). Mereka akan memperkuat Kedeputian Penindakan KPK.

"Pimpinan KPK juga akan melantik 11 orang JPU yang bersumber dari Kejaksaan Agung untuk memperkuat kedeputian penindakan KPK," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (24/2/2021).

Pelantikan digelar di gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan. Pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua KPK Firli Bahuri.

Selain melantik 11 JPU baru, KPK juga melantik Mohammad Ibnusoim sebagai Kabag Perbendaharaan KPK. Pelantikan ini dilakukan setelah proses mutasi dari Kementerian Keuangan selesai.

"Yang bersangkutan telah melalui tahapan seleksi dan lulus menduduki jabatan eselon III bersama pejabat struktural eselon III lainnya yang lebih dahulu telah dilantik," ucap Ali.

Sementara itu, pelantikan delapan calon penyidik baru akan dilakukan setelah lulus mengikuti pendidikan pembentukan penyidik KPK. Delapan calon penyidik tersebut berasal dari unsur Kepolisian RI.

"Adapun delapan calon penyidik KPK yang bersumber dari Kepolisian RI pelantikan akan dilakukan setelah lulus mengikuti pendidikan pembentukan penyidik KPK yang saat ini sedang dilaksanakan oleh Pusat Edukasi Anti-Korupsi KPK," katanya.

Sementara itu, Firli berharap semua yang dilantik hari ini memfokuskan pikiran dan tenaga untuk bekerja melakukan pemberantasan korupsi tanpa berhenti. Sebab, korupsi bukan hanya perbuatan melawan hukum, tetapi juga perbuatan yang merugikan keuangan dan perekonomian negara.

"Serta jauh dari itu, perbuatan tindak pidana korupsi adalah perbuatan yang merampas hak-hak rakyat, hak kita semua, termasuk kita yang bekerja di KPK," ucap Firli dalam sambutan di pelantikan.

"Tentu kita paham bahwa KPK sampai hari ini masih sangat diharapkan untuk bekerja keras, berkomitmen melakukan pemberantasan korupsi," tambahnya.

Berikut nama-nama yang dilantik:

1. Arif Usman, Jaksa Penuntut Umum Muda
2. Asril, Jaksa Penuntut Umum Muda
3. Bagus Dwi Arianto, Jaksa Penuntut Umum Muda
4. Dody W Leonard Silalahi, Jaksa Penuntut Umum Muda
5. Erlangga Jayanegara, Jaksa Penuntut Umum Muda
6. Ihsan, Jaksa Penuntut Umum Muda
7. Masmudi, Jaksa Penuntut Umum Muda
8. Meyer Volmar Simanjuntak, Jaksa Penuntut Umum Muda
9. Richard Marpaung, Jaksa Penuntut Umum Muda
10. Sisca Carolina Karubun, Jaksa Penuntut Umum Muda
11. Tri Handayani, Jaksa Penuntut Umum Muda
12. Mohamad Ibnussoim, Kepala Badan Perbendaharaan

(fas/dwia)