Usai Stasiun, GeNose Akan Disiapkan di Transportasi Laut dan Udara

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 23 Feb 2021 21:51 WIB
Deteksi COVID-19 dengan sampel melalui embusan napas digelar di Stasiun Balapan, Solo. Hal itu dilakukan sebagai pencegahan penyebaran virus Corona.
Ilustrasi alat GeNose di stasiun. (Agung Mardika/detikcom)
Jakarta -

Penggunaan alat GeNose C19 untuk screening COVID-19 sudah diterapkan di sejumlah stasiun dan bisa menjadi syarat perjalanan apabila dinyatakan negatif COVID-19. Kini, GeNose rencananya akan disiapkan juga untuk sektor transportasi laut dan udara.

"Di kereta api, animo masyarakat untuk menggunakan GeNose sangat bagus dan saat ini para pemangku kepentingan di sektor perhubungan laut dan udara juga menginginkan penggunaan GeNose. Untuk itu, kami melaporkan kepada Pak Menko tentang rencana itu, dan tentunya akan kami lakukan dengan hati-hati," kata Menhub Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulis, Selasa (23/2/2021).

Hal ini disampaikan Budi seusai rapat dengan Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan dan Menko PMK Muhadjir Effendy.

Budi Karya mengatakan perlunya penerapan GeNose di tiap transportasi. Jadi masyarakat mendapatkan akses screening COVID-19 yang lebih terjangkau.

Direncanakan penggunaan alat deteksi GeNose akan mulai diterapkan di Pelabuhan Tanjung Priok pada Minggu ini secara acak. Sedangkan untuk di sektor udara akan mulai diterapkan pada 1 April 2021.

Budi Karya menjelaskan penerapan alat screening GeNose di sektor kereta api bisa menjadi pembelajaran yang baik bagi para pemangku kepentingan di sektor perhubungan laut dan udara. Dia meminta Dirjen Perhubungan Udara dan Laut untuk mempersiapkan mekanisme dan SOP-nya, menyesuaikan dengan regulasi yang ada di kedua sektor tersebut.

Sementara itu, Menko PMK Muhadjir Effendy menyambut baik rencana itu. Dia berharap penggunaan GeNose dapat diproduksi massal untuk bisa digunakan di luar sektor transportasi.

"Semoga ke depannya dapat diproduksi secara massal dan dapat terus dikembangkan sehingga tingkat akurasinya akan semakin meningkat. Kita akan terus memperbanyak penggunaan GeNose untuk kepentingan pelayanan publik. Tidak hanya untuk perjalanan, tetapi juga bisa digunakan di tempat yang lain yang sangat membutuhkan," ucap Muhadjir.

Simak berita selengkapnya di halaman berikut

Simak video 'GeNose Akan Digunakan di Bandara Per 1 April 2021':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2