Pemkot Segera Perbaiki Tutup Gorong-gorong Drainase yang Rusak di Kalimalang

Afzal Nur Iman - detikNews
Selasa, 23 Feb 2021 17:24 WIB
Papan peringatan di tutup gorong-gorong  yang rusak Jl KH Noer Ali di Kalimalang, Kota Bekasi.
Tutup gorong-gorong rusak di Jl KH Noer Ali Kalimalang Kota Bekasi yang rusak. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi bakal segera memperbaiki tutup gorong-gorong drainase yang rusak di Jl KH Noer Ali, Kalimalang, Kota Bekasi. Namun, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) belum menjadwalkan perbaikan.

"Setelah dicek detail, dan seperti apa bentuk penanganannya, nanti baru dijadwalkan," kata Kasi Pemeliharaan Jalan, Dinas BMSDA Eka Chorid, saat dihubungi, Senin (23/2/2021).

Eka menyebut, dari informasi yang dihimpun, manhole yang tutupnya rusak adalah drainase milik Pemkot Bekasi. Karena ada di area jalan, Seksi Pemeliharaan Jalan akan mengerjakan perbaikan.

"Info sementara itu, manhole drainase. Karena manhole drainase tersebut berada di jalan, maka kami nanti yang tangani perbaikan," ucapnya.

Sementara itu, terkait ada papan peringatan di penutup gorong-gorong berlogo PLN, PLN menyebut sedang ada proyek di lokasi tersebut. Karena melihat faktor keselamatan kerja, petugas PLN memasang papan peringatan meski gorong-gorong itu bukan proyek PLN.

"PLN UIP JBB berinisiatif untuk memberikan papan peringatan di titik manhole tersebut dikarenakan adanya potensi bahaya dari segi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang dapat ditimbulkan apabila pengguna jalan raya melintasi manhole," ucap Senior Manager Pertanahan dan Komunikasi Senior Manager Pertanahan dan Komunikasi PT PLN UIP JBB, Basuki Widodo, dalam keterangannya.

Diketahui, tutup gorong-gorong yang rusak jadi satu dari lima kerusakan di Jl KH Noer Ali yang belum diperbaiki.

Pantauan detikcom di lokasi pada Selasa (23/2/2021) pukul 11.08 WIB, terlihat rambu yang terbuat dari kayu dipasang di depan tutup gorong-gorong yang amblas. Ada 3 rambu di pasang sesuai dengan jumlah tutup gorong-gorong yang amblas. (aik/imk)