Suami Bunuh Istri di Bone Diserahkan ke Jaksa, Terancam 15 Tahun Penjara

Zulkifli Natsir - detikNews
Selasa, 23 Feb 2021 14:09 WIB
Sakka alias AU (20) yang buron 2 bulan usai menikam istrinya bertubi-tubi (dok. Istimewa).
Sakka (20) yang buron 2 bulan setelah menikam istrinya bertubi-tubi. (Dok. Istimewa)
Bone -

Polres Bone telah menyelesaikan berkas kasus pembunuhan yang dilakukan tersangka Kamaluddin alias Sakka (24) terhadap almarhumah istrinya, SE (24). Akibat perbuatannya, yang menikam istrinya secara bertubi-tubi hingga tewas Sakka terancam penjara 15 tahun.

"Berkasnya sudah dilimpahkan ke Kejaksaan. Sementara menunggu hasil pemeriksaan," ujar Kasat Reskrim Polres Bone AKP Yusuf, Selasa (23/2/2021).

Dalam proses di kejaksaan, Ardy mengungkapkan, ada kemungkinan pihak lejaksaan akan meminta perbaikan atas berkas perkara, sebelum adanya P21 dan dilanjutkan untuk penuntutan oleh kejaksaan. Hingga saat ini, tersangka Sakka masih berada di sel tahanan Mapolres Bone.

Selain itu, polisi telah memeriksa keluarga tersangka terkait adanya dugaan mereka membantu Sakka melarikan diri setelah menikam istrinya hingga tewas. Hal ini berdasarkan hasil penyelidikan sebelumnya yang mengungkap kronologi pembunuhan wanita inisial SE, di mana Sakka kabur ke rumah keluarganya di Waetuwo kemudian ke Sulawesi Tenggara.

"Jadi pihak keluarga tersangka ini kami sudah periksa. Namun, terkait dugaan mereka turut membantu dalam usaha kabur, kami masih tunggu perkembangan perkaranya," ungkap Ardy.

Sakka, yang juga merupakan residivis kasus pembunuhan, dijerat dengan Pasal 76C juncto Pasal 80 ayat 3 Undang-Undang 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, yakni dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sakka ini tega menikam istrinya hingga tewas di Lingkungan Talumae, Kelurahan Bukaka, Kecamatan Tanete Riattang, pada 20 November lalu.

Kapolres Bone AKBP Try Handako mengungkapkan motif pembunuhan tersebut yang dilatarbelakangi karena sakit hati. Pelaku cemburu dan dia menduga istrinya telah selingkuh dengan pria lain.

"Korban dan pelaku saat itu berada di kamar dan bermain handphone. Pelaku kemudian menyita handphone korban dan mendapati chatting-an korban di Facebook Messenger dengan mantan pacarnya," ungkap Try (21/1).

Simak juga Video: Cekcok Soal Anak, Suami di Kendari Tega Habisi Istri

[Gambas:Video 20detik]

(nvl/nvl)