Hotman Paris Janji Tetap Patuh Prokes Meski Telah Divaksinasi COVID-19

Rahmat Fathan - detikNews
Selasa, 23 Feb 2021 11:16 WIB
Hotman Paris (Rahmat Fathan/detikcom).
Hotman Paris saat divaksinasi COVID-19. (Rahmat Fathan/detikcom)
Jakarta -

Pengacara senior Hotman Paris Hutapea menjalani vaksinasi COVID-19 untuk lanjut usia (lansia) di RSUD Koja, Jalan Deli, Tanjung Priok, Jakarta Utara (Jakut). Hotman pun berjanji akan tetap mematuhi protokol kesehatan meski telah divaksinasi.

"Walaupun sudah divaksin, saya akan tetap super menjaga diri. Prokes akan tetap dilaksanakan dan saya yakin sampai setahunan saya akan tetap pakai masker," ujar Hotman seusai vaksinasi COVID-19 di RSUD Koja, Jakut, Selasa (23/2/2021).

Hotman Paris mengatakan, sebelum divaksinasi, tensi darahnya sempat naik. Namun, setelah beristirahat beberapa menit, tensinya kembali normal. Padahal, kata Hotman Paris, sebelumnya tensi darahnya selalu dalam batas normal.

"(Tensi darah) saya selama ini selalu 120. Ga pernah naik. Tadi mula-mula 169, jadi 180 tadi. Terus turun lagi 140 tadi. Mungkin karena pengaruh emosi kali. exciting, dan habis jalan," ujarnya.

Dia mengaku telah berbulan-bulan menunggu kesempatan bisa divaksin. Dia pun sempat kaget saat proses vaksinasi yang dilakukannya ternyata sangat cepat.

"Tadi gua 'kok cepet banget' gitu loh. Gua liat oh ternyata cairannya udah masuk ke suntikannya," kata Hotman Paris.

"Saya sudah berbulan-bulan menunggu kesempatan ini, dan begitu dengar lansia, langsung saya hubungi dan ternyata ini kan gak jauh dari rumah saya. Saya sudah hampir 61, jadi dengan vaksin ini harapan hidup semakin besar dan dalam waktu dekat pantai Bali menunggu saya begini-begini," imbuhnya sembari menggerakkan tangannya.

Hotman Paris menuturkan, banyak temannya yang ragu terhadap vaksinasi. Bahkan istrinya, Augustianne Marbun, yang turut ikut divaksinasi, juga sempat menolak.

"Ya banyak teman ragu, banyak teman bilang jangan dulu. Bahkan istri saya yang cantik itu bilang 'jangan Pak, jangan Pak'. Tapi saya udah liat di Amrik itu udah lebih dari 50 juta. Bapak Presiden kita juga udah divaksin, di Indonesia belum ada masalah," ucap dia.

Selanjutnya Hotman Paris akan menjalani vaksinasi tahap kedua pada 28 hari kemudian. Dia sempat bertanya apakah dia akan kebal dari virus Corona setelah menjalani vaksin tahap kedua tersebut.

"Kalau udah itu udah kebal ya Pak?" tanya Hotman.

"Nah jadi ini sekalian, kebal itu akan ada antibodi yang kebentuk kekebalan itu dari vaksinasi ini. Ada yang bertahan setahun atau lebih, itu sangat tergantung reaksi tubuh masing-masing," ujar Direktur RSUD Koja, Dr Ida Bagus Nyoman Banjar.

"Kekebalan anda standarnya macam-macam," kata Bagus menambahkan.

(mae/mae)