PBB Klarifikasi Viral Anggota DPRD Bantul Sebut Pemakaman Corona Bak Anjing

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 19:45 WIB
Relawan COVID-19 geruduk kantor DPRD Bantul, Senin (22/2/2021).
Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Jakarta -

Viral video anggota DPRD Kabupaten Bantul yang berbicara mengenai proses pemakaman dengan protokol COVID-19 serta mengaitkannya seperti mengubur anjing. Partai Bulan Bintang (PBB) memberi penjelasan atas viralnya video itu.

Anggota DPRD Kabupaten Bantul bernama Supriyono tersebut diketahui merupakan kader PBB. Sekjen PBB Afriyansah Ferry Noor pun menjelaskan pernyataan kadernya dalam video itu telah banyak dipotong.

"Beliau itu membuat pernyataan pada saat diundang salah satu pernikahan kerabatnya. Di dalam sambutan itu, menurut Pak Supriyono banyak video atau rekamannya yang dipotong-potong, tidak utuh," kata Ferry saat dihubungi, Senin (22/2/2021).

Ferry menilai ada pihak yang sengaja memotong pernyataannya itu untuk membuat keruh suasana. Menurut Ferry, video yang dipotong dan disebar ke media sosial langsung menjadi viral dan terkesan mengejek pihak tertentu.

"Jadi beliau mengatakan memang ada beberapa pihak yang sengaja memotong-motong itu sehingga membuat keruh suasana, 'Saya siap mempertanggungjawabkannya, Pak Sekjen'. Nah, tadi dikirimkanlah video utuhnya ke saya," ujarnya.

Lebih lanjut Ferry menjelaskan Supriyono tidak memiliki niat membandingkan pemakaman COVID-19 dengan proses penguburan anjing. Menurutnya, Supriyono bermaksud menekankan bahwa biasanya dalam prosesi penguburan jenazah secara Islam ada tata cara dan prosesnya.

"Tidak... tidak.... Dia tuh cuma mengatakan kalau pemakaman Islam itu kan seperti ini gitu loh, ada tata caranya gitu kan. Jadi pakai, siapa yang bertanggung jawab terhadap pemakaman ini. Begitu loh. Soalnya, kan biasanya kalau dalam Islam, nih menurut saya bukan menurut Supriyono kan, memang ada ahli yang memandikan jenazah, kemudian, dalam Islam itu ada mengkafani jenazah. Ada tata caranyalah gitu," jelasnya.

"Cuma dalam suasana COVID ini kan tidak bisa seperti itu. Beliau, siapa yang bertanggung jawab dalam pemakaman ini. Itu yang ditanya juga, dibalikin," imbuhnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Celebrity on Vacation: Main ke Rumah Hobbit di Yogyakarta':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2