Elektabilitas Ganjar Tinggi, PDIP Masih Buka Semua Opsi

Tim detikcom - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 15:47 WIB
Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo (Foto: dok. Pemprov Jateng)
Jakarta -

Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tinggi di sejumlah lembaga survei, termasuk Lembaga Survei Indonesia (LSI). Apakah PDIP sudah pasti mengusung Ganjar untuk Pilpres 2024?

"Pak Ganjar itu adalah kader PDIP yang sekarang Gubernur Jawa Tengah. Tetapi kita harus tahu bahwa di PDIP juga banyak kader juga selain Pak Ganjar. Maka daripada itu, kita akan tunggu bagaimana ini, tergantung dari Pak Ganjar juga, bagaimana dia bisa meningkatkan elektabilitasnya dan teman-teman di PDIP maupun dari luar kita juga bisa," kata Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat dalam rilis survei LSI, Senin (22/2/2021).

"Artinya apa? Artinya 2014 (2024, red) itu masih terbuka bagi siapa pun juga," tegas Djarot.

Meski demikian, Djarot menegaskan pernyataannya itu bukan berarti PDIP menutup peluang Ganjar bertarung di Pilpres 2024. Djarot menegaskan penentuan calon presiden tak bisa dilakukan sedini mungkin.

"Ada yang mengatakan apakah Pak Ganjar pasti tertutup peluangnya, belum tentu juga. Jadi masih banyak. Biasanya untuk penentuan calon presiden tidak bisa dilakukan di awal-awal seperti ini. Tapi pada waktu yang tepat, timing yang tepat, posisi yang baik baru nanti ini disampaikan. Apalagi sekarang partai lagi fokus betul untuk menangani dampak dari pandemi ini," sebut Djarot.

Djarot Saiful HidayatDjarot Saiful Hidayat (Ari Saputra/detikcom)

Djarot menyebut PDIP tidak mengincar kekuasaan. Tujuan PDIP, kata Djarot, adalah menyejahterakan rakyat lewat kekuasaan.

"Kekuasaan itu bukan tujuan utama dari partai kita, itu tujuan antara. Ultimate goals-nya bagaimana dengan kekuasaan itu kita bisa mewujudkan kesejahteraan rakyat, kita bisa melindungi rakyat, kita bisa menyejahterakan kehidupan bangsa, kita bisa mewujudkan keadilan sosial," sebut Djarot.

Simak video 'Ganjar Pakai Busana Adat Melayu Saat Vaksinasi ke-2':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/tor)