Sempat Disetop Akibat Banjir, Layanan TransJakarta Hari Ini Kembali Normal

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 10:17 WIB
11 halte TransJakarta bakal ditutup sementara untuk direnovasi. Jadi salah satu halte yang bakal direnovasi, Halte Ragunan koridor 6 masih tampak beroperasi.
Foto: Dedy Istanto/detikcom
Jakarta - Seluruh layanan TransJakarta hari ini kembali beroperasi normal. Sejumlah rute BRT ataupun non-BRT yang sebelumnya disetop akibat banjir kini sudah bisa melayani para penumpang.

"Pagi ini semua layanan TransJakarta Bus Rapid Transit (BRT) dan non-BRT telah beroperasi normal dan melayani pelanggan kembali. Sebelumnya, semua layanan ini terdampak hujan yang mengguyur Jakarta akhir pekan kemarin," ujar Plt Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta Angelina Betris dalam keterangan pers tertulis, Senin (22/2/2021).

Kendati demikian, Betris menerangkan, masih ada layanan bus mikrotrans rute Kalideres-Puri Kembangan yang belum bisa beroperasi. Sebab, genangan di sekitar Jalan Bojong Indah masih tinggi.

"Sementara itu, layanan Mikrotrans JAK 50 rute Kalideres-Puri Kembangan disampaikan Direktur Operasional PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Prasetia Budi, masih belum bisa melayani pelanggan. Hal ini mengingat tingginya genangan air di sekitar Jalan Bojong Indah sehingga tidak bisa dilintasi armada," ungkapnya.

Lebih lanjut, Betris menyatakan layanan operasional TransJakarta bersifat situasional. Dia mengimbau pengguna TransJakarta agar tetap berhati-hati dan menjaga protokol kesehatan.

"Sebagai tambahan, layanan TransJakarta masih bersifat situasional melihat kondisi cuaca saat ini. Kami menghimbau pelanggan untuk tetap berhati-hati dan dan upayakan sebisa mungkin untuk tetap di rumah apabila tidak ada keperluan mendesak. Namun jika harus ke luar rumah karena terpaksa, selalu pastikan untuk menerapkan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, hujan deras yang mengguyur Jakarta semalaman mengakibatkan sejumlah lokasi terendam banjir. Imbasnya, sejumlah layanan bus TransJakarta setop operasi sementara.

"Beberapa layanan terpaksa setop beroperasi sementara mengingat kondisi genangan air yang tidak memungkinkan untuk dilintasi armada," ujar Direktur Operasional PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) Prasetia Budi dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Sabtu (20/2).

Tonton video 'Kepala BMKG Ungkap Anies Sudah Siaga Sebelum Jakarta Banjir':

[Gambas:Video 20detik]



(whn/man)