41% Warga dalam Survei Tak Bersedia Divaksinasi, Ini Kata Satgas COVID-19

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 06:15 WIB
Jubir Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Foto: Wiku Adisasmito (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Indikator Politik Indonesia menemukan sebanyak 41% warga tidak atau kurang bersedia divaksinasi COVID-19 dalam surveinya. Pemerintah melalui Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Siti Nadia Tarmizi memastikan akan memperkuat edukasi terkait vaksinasi COVID-19 tersebut.

"Sikapnya kita perlu perkuat edukasi ya," kata Siti Nadia, kepada wartawan, Minggu (21/2/2021).

Siti Nadia menyebut edukasi soal vaksin COVID-19 terjamin aman dan halal akan digencarkan melalui sejumlah pihak. Di antaranya melalui tokoh masyarakat hingga pelibatan influencer.

"Masyarakat tak ragu untuk mendapatkan vaksin, karena sudah dijamin vaksin ini aman dan bermutu. Dan selama menunggu vaksinasi tetap menjalan prokes. Karena vaksin melindungi diri kita dan juga keluarga kita," ucapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menyebut pemerintah akan lebih gencar promosi tentang vaksinasi. Tak lupa juga dengan promosi menjaga protokol kesehatan selama proses vaksinasi berlangsung di Tanah Air.

"Pemerintah akan menggencarkan promosi tentang vaksinasi (aman, efektif, halal), sambil tetap menjaga promosi protokol kesehatan," katanya.

Seperti diketahui, Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terkait vaksinasi COVID-19. Hasilnya, sebanyak 54,9 persen warga bersedia divaksinasi, sedangkan 41 persen warga tidak atau kurang bersedia.

Metode survei ini dilakukan secara by phone karena situasi pandemi ini belum memungkinkan secara lebih masif melakukan survei face to face. Sampel sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak dari kumpulan sampel acak survei tatap muka langsung yang dilakukan Indikator Politik Indonesia pada rentang Maret 2018 hingga Maret 2020.

Simak video '4 Prinsip Terkait Program Vaksin Mandiri Menurut Menkes Budi':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2