Sejumlah Warga Terdampak Banjir Citarum Pilih Bermalam di Halaman Ruko

Afzal Nur Iman - detikNews
Minggu, 21 Feb 2021 22:33 WIB
Warga Bekasi terdampak banjir tanggul jebol Citarum memilih bermalam di halaman ruko
Foto: Warga Bekasi terdampak banjir tanggul jebol Citarum memilih bermalam di halaman ruko (Afzal/detikcom)
Bekasi -

Warga yang terdampak banjir jebolnya Sungai Citarum di RT 01/RW 04, Karangpatri, Pebayuran, Kabupaten Bekasi memilih bermalam di halaman ruko. Pilihan tersebut diambil karena posko pengungsian yang belum memadai.

"Belum ada, baru tadi (dibuat) ada di situ kerendem," kata seorang warga Endar saat ditemui di lokasi, Minggu (21/2/2021).

Endar mengungsi bersama keluarganya, dia belum tahu hingga kapan dirinya bertahan di halaman ruko. Dia berharap banjir segera surut.

"Ya baru pertama ini si ya belum tau, ga tau kalau besok-besok keadaannya begini, rumah aduh dalem banjir," ujarnya.

Rumahnya terendam banjir sejak sore. Seingatnya, banjir terakhir terjadi 9 tahun yang lalu. Ia menyebut banjir kali ini merupakan yang terparah yang pernah ia alami.

"9 tahun berarti, baru ketemu lagi sekarang banjir. yang dulu mah agak kecil, nggak setinggi ini," ungkapnya.

Pantauan detikcom di lokasi pada pukul 19.26 WIB, terlihat Endar yang sudah lanjut usia bersama keluarganya membuat tempat istirahat seadanya. Lilin dipasang untuk menerangi tempatnya beristirahat.

Selain Endar, keluarga lain juga terlihat membuat tempat istirahat seadanya dengan karpet/tikar di halaman bangunan yang tidak terendam banjir. Beberapa warga di sekitar lokasi juga terlihat sedang mendirikan tenda-tenda untuk tempat mengungsi dengan terpal di pinggir jalan.

(rfs/rfs)