Warga Terjebak Banjir Tanggul Jebol Citarum, Pemkab Bekasi Turunkan Tim

Afzal Nur Iman - detikNews
Minggu, 21 Feb 2021 21:37 WIB
Tim SAR gabungan bahu membahu mengevakuasi warga di Labuan, Banten. Daerah itu terendam banjir akibat intensitas hujan yang tinggi dan pasang air laut pasca tsunami.
Foto: Ilustrasi (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Bekasi -

Warga kampung Babakan Banten, Desa Sumber Urip, Kecamatan Pebayuran, Bekasi, Jawa Barat, terjebak banjir akibat tanggul Sungai Citarum jebol. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menurunkan tim gabungan untuk mengevakuasi para warga.

Dari video yang dilihat detikcom, Minggu (21/2/2021), nama warga yang terjebak itu bernama Siti Hadija. Dia mengatakan terjebak banjir karena air yang meluap dari Sungai Citarum yang tanggulnya jebol semakin meninggi.

"Di sini saya kejebak banjir, Pak, lari ke irigasi pada limbas. Saya nggak tahu mau lari kemana, sedangkan ini air sudah ngepung kita," ujarnya.

Karena terkepung banjir, Siti berharap ada tim SAR yang membantu mengevakuasi. Dia menyebut ada ratusan warga di sekitar kediamannya.

"Jadi mohon kirim bantuan tim SAR perahu karet sebanyak-banyaknya, soalnya di sini banyak warga sekitar 300 sampai 400 warga, lokasi saya saat ini di SMPN 1 Pebayuran," ucapnya.

Sementara itu, Kasubag Komunikasi Pemkab Bekasi Rhamdan Nurul Ikhsan menyebut telah menurunkan tim gabungan untuk mengevakuasi warga yang terjebak banjir. Tim itu terdiri dari BPBD Bekasi hingga Jabar.

"Sudah diturunkan Tim SAR gabungan, baik BPBD Kabupaten Bekasi, BNPB Jabar dan tim lainnya," imbuhnya.

Tonton video 'Akses Jalan ke Lokasi Tanggul Jebol Citarum Terendam Banjir':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/fas)