Round-Up

Saat Tol Jabodetabek 'Lumpuh' Dikepung Banjir

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 21 Feb 2021 08:06 WIB
Banjir di tol jorr TB Simatupang, tepatnya di KM 25,200 atau di perempatan Trakindo, Sabtu (20/2/2021).
Banjir di Tol JORR TB Simatupang, tepatnya di KM 25,200 atau di perempatan Trakindo, Sabtu (20/2/2021)./(Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Hujan deras yang mengguyur Jabodetabek dua hari terakhir memunculkan genangan air dan banjir. Banjir tersebar ke beberapa titik, bahkan hingga ke ruas jalan tol.

Banjir di ruas jalan tol terdapat di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Tol Dalam Kota, Tol JORR, Tol Jagorawi hingga Tol Jakarta-Tangerang. Terparah, banjir di Tol JORR TB Simatupang.

Pada Sabtu (20/2) kemarin, akses Tol JORR TB Simatupang tepatnya di GT Ampera I, Jakarta Selatan ke arah Lebak Bulus tidak dapat diakses kendaraan. Banjir dengan ketinggian sekitar 60 Cm itu membuat sejumlah kendaraan terpaksa harus berhenti di tengah jalan tol.

Banjir di dalam tol menyebabkan terjadinya kepadatan kendaraan. Pengemudi lain diimbau untuk sementara waktu mencari jalur alternatif.

"Memang titik banjir terparah di TB Simatupang. Imbas adanya genangan di sekitar sana, imbasnya sampai di dalam tol. Pengemudi diimbau mencari jalur alternatif," kata petugas NTMC Polri, Wiwi, saat dihubungi, kemarin.

Kendaraan Terjebak

Pantauan detikcom, Pukul 09.00 WIB, Sabtu (20/2/2021) di Jalan Tol TB Simatupang tersebut masih digenangi banjir. Akibatnya beberapa pengendara roda empat maupun roda enam yang berada di tol terjebak.

Beberapa pengendara mobil masih meminggirkan mobilnya untuk menunggu surutnya air. Namun, beberapa truk terlihat nekat untuk melintas banjir tersebut.

Hujan deras pun saat ini masih mengguyur di Jalan TB Simatupang. Lalu lintas di jalan arteri sisi kiri arah ke Pasar Minggu juga terpantau sangat padat akibat banjir di Tol tersebut.

Hutama Karya, selaku pengelola Ruas Tol Jakarta Outer Ring Road Seksi S (JORR-S) menginformasikan, arus lalu lintas di tol JORR TB Simatupang sudang kembali normal pada Sabtu (20/2) sekitar pukul 10.30 WIB.

"Bagi pengguna jalan tol yang ingin melintas dari arah Pondok Pinang menuju Taman Mini Indonesia Indah (TMII) atau sebaliknya sudah dapat kembali melintas. Sementara itu, untuk beberapa Gerbang Tol (GT) yang sempat ditutup sementara akibat penanganan genangan banjir yakni GT Kampung Rambutan, GT Gedong 2, GT Lenteng Agung 2, GT Ciputat 1, GT Pondok Pinang, GT Fatmawati 1 dan GT Ampera 1 sudah dibuka dan dilintasi kembali sejak pukul 10.30 WIB," ujar Branch Manager Ruas Tol JORR-S PT Hutama Karya, Rubiantoro.

Simak sebaran banjir di ruas tol lainnya, di halaman selanjutnya

Simak video 'Banjir di Jalan TB Simatupang Mulai Surut, Kendaraan Bisa Melintas':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3