Jakarta Banjir, Wagub DKI Pastikan Kebutuhan Pengungsi Tercukupi

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 21 Feb 2021 04:00 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria melakukan sidak di perkantoran dan pusat perbelanjaan Ibu Kota. Sidak dilakukan untuk pastikan aturan PPKM diterapkan.
Foto: Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Sejumlah wilayah di Jakarta terendam banjir sejak Jumat (19/2) hingga Sabtu (20/2) malam. Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memastikan kebutuhan warga yang mengungsi tercukupi.

"Pak Gubernur tadi pagi (Sabtu) bersama saya keliling pengungsian memastikan ada dapur umum, memastikan warga selamat mendapatkan tempat yang baik, aman, termasuk logistik yang cukup sampai dengan makan, selimut, masker dan juga vitamin," ujar Riza kepada detikcom, Sabtu (20/2/2021).

Riza memastikan penerapan protokol kesehatan juga sudah baik. Di lokasi pengungsian warga selalu diingatkan untuk menjaga jarak. Meski demikian, Riza mengaku belum melakukan rapid tes antigen kepada warga yang berada di lokasi pengungsian.

"Ya nanti secara bertahap nanti dari Dinkes akan melakukan, dilihat nanti ada gejala, ada kerumunan apalagi ada klaster pasti nanti dilakukan rapid antigen dipastikan semuanya terhindar dari pandemi COVID, karena memang pengungsian kami tingkatkan, kami batas agar berjarak," katanya.

Lebih lanjut, Riza meminta kepada warga yang tinggal di dekat sungai untuk bersiaga mengantisipasi adanya banjir susulan. Pemprov DKI juga sudah menyediakan petugas yang berjaga selama 24 jam untuk melakukan penanganan dan penanggulangan banjir.

"Ya memang ini masih ada menurut BMKG malam ini sampai tiga hari masih ada hujan yang cukup, kami minta masyarakat agar bersiap-siap siaga, petugas kami sudah bertugas di semua titik di tempat masing-masing untuk melakukan tugas pemantauan dan mengambil langkah-langkah darurat terkait penanganan dan pengendalian banjir, yang insyaAllah kita atasi bersama-sama, petugas dan jajaran didukung TNI-Polri dan semua komunitas siap siaga 24 jam membantu masyarakat," katanya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2