Tinjau Dapur Umum untuk Korban Banjir, Sekjen PMI Ingatkan Relawan soal Prokes

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 20 Feb 2021 16:46 WIB
Sekjen PMI Sudirman Said Tinjau Dapur Umum untuk Korban Banjir di Jakarta Timur
Sekjen PMI Sudirman Said meninjau dapur umum untuk korban banjir di Jakarta Timur. (Foto: dok. PMI)
Jakarta -

Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat Sudirman Said meninjau dapur umum PMI untuk korban banjir di Jakarta Timur. Dalam kesempatan itu, dia mengingatkan relawan agar tetap menaati protokol kesehatan terkait pandemi COVID-19.

Sudirman mengatakan kehadirannya ke lokasi untuk memastikan penanganan bantuan korban banjir terlaksana dengan baik. Dalam kunjungannya tersebut, Sudirman didampingi Ketua Komite Percepatan Penanganan COVID-19 PMI Pusat Husain Abdullah dan sejumlah pengurus PMI Jakarta Timur.

Di lokasi, Sudirman Said beserta rombongan juga turut serta membantu para relawan menyiapkan makanan berupa nasi dan ayam goreng untuk pengungsi korban banjir. Menurut Sudirman, PMI telah menyiapkan sejumlah dapur umum dan pengungsian pada beberapa kelurahan yang mengalami banjir di wilayah DKI Jakarta, yang meliputi Jakarta Timur, Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan.

Sekjen PMI Sudirman Said Tinjau Dapur Umum untuk Korban Banjir di Jakarta TimurDapur umum untuk korban banjir di Jakarta Timur (Foto: dok PMI)

Sudirman dalam kesempatan itu juga berpesan kepada relawan PMI yang bertugas agar tetap mengutamakan protokol kesehatan terkait COVID-19 meskipun tidak mudah dilakukan.

"Penanganan banjir ini sendiri tidak mudah karena berada di tengah suasana pandemi COVID-19, namun saya berharap agar teman-teman relawan tetap memprioritaskan protokol kesehatan terkait COVID-19, meskipun itu tidak mudah," ujar Sudirman dalam rilis resmi yang diterima detikcom, Sabtu (20/2/2021).

Sekjen PMI Sudirman Said Tinjau Dapur Umum untuk Korban Banjir di Jakarta TimurBantuan PMI untuk korban banjir di Jakarta Timur (Foto: dok. PMI)

Sudirman juga berpesan untuk daerah lainnya di Indonesia agar tetap waspada, mengingat menuju bulan Maret hingga April akan terjadi cuaca ekstrem yang bisa saja mengakibatkan bencana banjir meskipun wilayah tersebut tidak pernah terkena banjir sebelumnya. Untuk itu, Sudirman meminta relawan PMI di sejumlah daerah tetap siap siaga.

"Kita telah diberi peringatan dari BMKG bahawa menuju Maret hingga April ini akan terjadi cuaca ekstrem, di mana banyak wilayah yang sebelumnya tidak pernah terkena banjir kemungkinan akan banjir. Untuk itu, para relawan untuk selalu siap siaga, demi dapat memberikan pelayanan yang cepat kepada warga korban musibah," jelas mantan Menteri ESDM ini.

Dapur PMI Jakarta Timur menyediakan 11.290 nasi kotak dan 18.500 roti. Kemasan logistik untuk korban banjir Jakarta timur tersebut terbuat dari bahan ramah lingkungan. Selain menyiapkan dapur umum, PMI melakukan evakuasi terhadap korban banjir dan melakukan pelayanan kesehatan kepada warga yang terdampak banjir.

Tonton juga Video: Terjebak Banjir, Pasien COVID-19 di Bekasi Dievakuasi

[Gambas:Video 20detik]



(hri/hri)