Walkot Bekasi Sebut 6 Kecamatan Ini Langganan Banjir Jika Hujan Ekstrem

Rahmat Fathan - detikNews
Sabtu, 20 Feb 2021 15:59 WIB
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi (Rahmat Fathan/detikcom)
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi (Rahmat Fathan/detikcom)
Bekasi -

Wali Kota (Walkot) Bekasi Rahmat Effendi menyebut ada enam kecamatan yang rutin terdampak banjir apabila turun hujan dengan intensitas ekstrem. Mana saja kecamatan tersebut?

"Ada kecamatan yang sudah dilaporkan dan biasa menjadi langganan ketika intensitas hujan ekstrem. Jatiasih, Rawalumbu, Bekasi Timur, Utara, Bekasi Barat, dan Selatan. Tapi Selatan hanya beberapa titik," ujar Effendi saat ditemui di lokasi banjir di Perumahan Pondok Gede Permai (PKP), Jatiasih, Bekasi, Sabtu (20/2/2021).

Untuk di Perumahan Pondok Gede Permai, Jatiasih, Bekasi, Effendi mengatakan curah hujan tinggi terjadi di Bukit Sentul dan di Bukit Hambalang, yang menyebabkan debit di Kali Cikeas dan Kali Cileungsi naik. Sebab, Kali Bekasi yang ada di dekat Perumahan Pondok Gede Permai merupakan tempat pertemuan arus dari dua kali tersebut.

"Yang sekarang terjadi di PGP adalah karena curah hujan tinggi di dua Bukit, Hambalang dan Bukit Sentul, Kali Cikeas dan Kali Cileungsi," ucapnya.

Menurut Effendi, Kementerian PUPR pada tahun ini akan membuat tanggul permanen pinggiran kali yang biasa menyebabkan banjir. Kata dia, penanganan banjir memang harus dilakukan dari hulu ke hilir.

"Harus diselesaikan dari hulu sampai hilir, makanya tahap satu dari Kementerian PUPR itu pengerjaan dari pertemuan Kali Cikeas dan Ciluengsi sampai Bendung Bekasi itu tahap satu pengerjaannya 2021, mudah-mudahan bisa diselesaikan," kata dia.

Sementara itu, Effendi mengaku juga telah menyiapkan polder air di beberapa titik banjir lainnya. Dilanjutkan dengan program revitalisasi sungai yang kini volumenya mulai mengecil.

"Lalu polder di tiga kecamatan itu ada di Bekasi Barat Perumahan Duta Kranji, ada di Kempo Pondok Gede, dan ada di Bekasi Timur," tutur Effendi.

(jbr/jbr)