Menkes: Corona Varian London, Afsel, dan Brasil Belum Ditemukan di RI

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 20 Feb 2021 12:21 WIB
Dirut Inalum Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Ada tiga jenis virus Corona varian baru yang sedang diwaspadai dunia saat ini, yakni Corona varian dari London Inggris, dari Afrika Selatan, dan dari Brasil. Ketiga Corona varian baru belum ditemukan di Indonesia.

"Sampai saat ini kita belum menemukan, bukannya belum ada, (tapi) kita belum menemukan adanya virus yang kita deteksi di lab PCR, yakni dengan jenis mutasi yang dari London, maupun yang dari Afrika Selatan, maupun yang dari Brasil," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam siaran pers virtual, Sabtu (20/2/2021).

Indonesia mengidentifikasi jenis-jenis strain baru dari SARS-CoV-2 melalui kerja sama dengan GISAID, lembaga global yang bergerak di bidang monitoring virus seluruh dunia. Lewat identifikasi itu, Indonesia menyimpulkan virus dari tiga daerah itu merupakan virus yang berisiko untuk saat ini.

"Ada tiga daerah yang cukup berisiko, yakni mutasi yang berasal dari London, Afrika Selatan, dan Brasil," kata Budi.

Kini pergerakan manusia dari Inggris, Afrika Selatan, dan Brasil dibatasi supaya virus dari tiga negara itu tidak masuk ke Indonesia. Selain itu, pelacakan (tracing) juga dilakukan untuk mendeteksi apakah mutasi Corona dari tiga negara itu sudah hadir di Indonesia atau belum.

"Kami diminta berkoordinasi oleh Pak Menko (Airlangga Hartarto) agar bisa membatasi atau secara lebih aktif mengecek pergerakan yang berasal dari ketiga zonasi tersebut," kata dia.

Selanjutnya, peningkatan sampel:

Simak Video: Varian Corona Inggris Belum Masuk RI, Satgas: D614 Banyak Ditemukan

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2