PAN ke Pemprov DKI: Berhenti Cari Alasan Saat Banjir Tiba!

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 20 Feb 2021 05:54 WIB
Zita Anjani
Foto: Zita Anjani (dok. Istimewa)
Jakarta - PAN DKI Jakarta meminta Pemprov untuk berhenti mencari alasan terkait banjir di Jakarta. PAN mendesak pemprov untuk segera membenahi infrastruktur banjir.

"Pesan saya, ke depannya siapapun pemimpin Jakarta berhenti menyalahkan atau mencari alasan saat banjir tiba, warga sudah pintar," kata penasihat Fraksi PAN DKI Jakarta, Zita Anjani, Jumat (19/2/2021).

Zita yang juga ketua pansus banjir menyebut sudah meneliti terkait banjir yang terjadi di DKI Jakarta. Zita meminta pemprov berhenti mencari alasan dan segera membenahi infrastruktur banjir.

"Banjir itu solusinya konkret, yaitu pembenahan infrastruktur banjir. Saya ketua pansus banjir sudah teliti itu semua bersama para pakar dan rekomendasi lengkap sudah kami serahkan sebelum musim hujan tiba. Jadi solusi banjir itu bukan cari-cari alasan atau menyalahkan tapi kerja nyata," ucapnya.

Lebih lanjut, Zita menyebut warga Jakarta sudah lelah mendengar alasan pemprov terkait banjir yang terjadi di Jakarta. Dia menyinggung pemprov yang disebutnya kerap menyalahkan persoalan seperti tanah rendah, lumpur tebal, kesalahan pompa, hingga hujan kiriman. Dia mendesak pemprov untuk memulai kerja nyata.

"Kasihan warga jakarta kalau setiap banjir dengar alasan 'tanah rendah, lumpur tebal, hujan kirimanlah atau lainnya' juga selalu main salah-salahan terus setiap banjir 'salahnya si hujan kiriman, salahnya di pompa, salahnya rendah tanah dan sebagainya'. Saatnya lakukan aksi nyata," tegasnya.

Seperti diketahui, hingga Jumat 19 Februari malam per pukul 18.37 WIB, tercatat titik banjir di DKI Jakarta kembali bertambah. Total ada 99 RT yang terdampak banjir di Jakarta.

Salah satu titik banjir di Jakarta kemarin yakni RW 04 Cipinang Melayu. Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan Cipinang Melayu kembali terendam banjir karena tingginya curah hujan. Riza pun mengakui Cipinang Melayu sebagai salah satu titik langganan banjir di Jakarta.

"Tingginya curah hujan debit air yang masuk, ya, di sana kan memang menjadi salah satu titik yang selalu banjir di DKI Jakarta, iya kan. Jakarta kan ada beberapa titik memang kalau banjir di Jakarta ada beberapa genangan, ada terjadi banjir, tapi yang paling penting bagi kita sejauh mana upaya kita Pemprov melakukan pencegahan, penanganan pengendalian banjiri itu sendiri," ujar Riza saat dihubungi detikcom, Jumat (19/2).

Simak juga video '20 Unit Mobil Pompa Dikerahkan Sedot Banjir di Cipinang Melayu':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/gbr)