Top 5 News

Robot NASA Mendarat di Mars hingga Cipinang Melayu Banjir Lagi

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Jumat, 19 Feb 2021 20:18 WIB
Top 5 News Januari 2021
Foto: detikcom
Jakarta -

NASA berhasil mendaratkan robot tercanggih mereka di Mars. Robot yang dinamai Perseverance tersebut berhasil melalui waktu krisis selama 7 menit yang menentukan rover ini akan sukses mendarat atau tidak.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membanggakan daerah Cipinang Melayu, Jakarta Timur, pada awal Februari lalu tidak lagi terendam banjir. Namun, pagi ini, ada empat RW di Cipinang Melayu yang terendam banjir.

Selain dua berita di atas, ada beberapa berita lainnya yang menjadi perbincangan hangat hari ini. Berikut Top 5 News edisi Jumat (19/2/2021).

1. Robot NASA Mendarat Mulus di Mars

Rover robotika NASA, Perseverance, baru saja tiba dengan selamat di permukaan Planet Mars. Rover tercanggih dari lembaga antariksa Amerika Serikat itu pun langsung mengirimkan gambar pertamanya dari sana.

Rover ini mendarat di area kawah Jezero Crater yang disebut mengandung jejak kehidupan kuno. Foto pertama menunjukkan permukaan Mars dan horison di latar belakangnya. Juga terlihat bayangan dari rover Perseverance.

Artikel Selengkapnya: Robot NASA Kirim Foto Pertama

2. Cipinang Melayu Banjir Lagi

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan Cipinang Melayu kembali terendam banjir karena tingginya curah hujan. Riza pun mengakui Cipinang Melayu sebagai salah satu titik langganan banjir di Jakarta.

Menurutnya, jumlah data banjir dalam tiga tahun terakhir terjadi penurunan. Namun dia tidak memerinci seberapa banyak penurunan tersebut.

Artikel Selengkapnya: Wagub: Curah Hujan Tinggi

3. Masjid Al-Aqsa Diselimuti Salju

Untuk pertama kalinya dalam 6 tahun, Kota Yerusalem diselimuti salju. Bangunan suci seperti kompleks Masjid Al Aqsa dan Tembok Ratapan pun terlihat memutih.

Diketahui, salju mulai turun pada Rabu malam lalu, saat hujan badai disertai petir dan suhu dingin melanda kawasan Timur Tengah, termasuk Yerusalem. Polisi Israel mengutip AP, sampai harus menutup jalan-jalan utama antara Tel Aviv dan Yerusalem karena salju yang tebal.

Artikel Selengkapnya: Penampakan Masjid Al-Aqsa Berselimut Salju

4. Paus Terdampar di Pantai Bangkalan

Puluhan paus terdampar di pesisir pantai Desa Patreman, Modung, Bangkalan, Madura, sejak Kamis (18/2). Tiga paus yang selamat dikembalikan ke tengah laut.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang turun langsung mengecek ke lokasi dan mengatakan sampel paus terdampar dan mati akan diteliti untuk diketahui penyebabnya.

Artikel Selengkapnya: 49 Paus Terdampar

5. Merapi Masih Bergejolak

Gunung Merapi masih bergolak. Guguran lava pijar Merapi masih sering terjadi. Berdasarkan laporan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), selama 12 jam Merapi mengalami 25 kali guguran lava pijar.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida dalam laporannya menjelaskan guguran lava pijar mengarah ke sektor barat daya, yakni ke hulu Kali Krasak dan Boyong dengan jarak luncur maksimum 1.200 meter.

Artikel Selengkapnya: Merapi Luncurkan Lava Pijar dalam 12 Jam

[Gambas:Video 20detik]



(akd/ega)