Guru di Sumsel Buat Belajar Online Lebih Menarik dengan Gamifikasi

Yudistira Imandiar - detikNews
Jumat, 19 Feb 2021 20:12 WIB
ilustrasi Guru Belajar Online
Foto: Shutterstock-Ilustrasi
Jakarta -

Pandemi COVID-19 turut mengubah pola kegiatan belajar mengajar antara murid dan guru. Pembelajaran online saat tatap muka dihentikan sementara menghadirkan keterbatasan interaksi sehingga guru harus mengubah cara penyampaian materi.

Para guru mesti mencari cara agar materi tetap tersampaikan dengan efektif saat pertemuan dibatasi layar kaca. Selain memastikan murid memahami materi, guru juga perlu menyiasati agar murid tak bosan belajar jarak jauh.

Ricky Yakobus Kota, guru SMA Dian Harapan Lubuklinggau, Sumatera Selatan punya cara tersendiri untuk membuat pembelajaran online efektif dan menyenangkan. Ia menerapkan metode gamifikasi agar pelajaran menjadi menyenangkan seperti sedang main game. Cara tersebut mampu menstimulasi para siswa untuk berpikir kreatif dan tak bosan saat belajar

"Melalui survey yang saya lakukan terhadap murid-murid di sekolah, dijumpai sebagian besar anak-anak sekolah saat ini sedang menggandrungi game online. Hal tersebut menjadi referensi bagi saya untuk mengkombinasikan pelajaran kedalam bentuk game yang menarik dan edukatif," jelas Ricky dikutip dalam keterangan tertulis, Jumat (19/2/2021).

Atas inovasinya dalam memberikan pengajaran, Ricky terpilih menjadi salah satu pemenang Apresiasi Guru Inspiratif Indonesia 2020/2021 (AGII) yang diselenggarakan perusahaan edutech Quipper bekerja sama dengan Fruit Tea Sosro.

Apresiasi Guru Inspiratif Indonesia (AGII) 2020/2021 telah dilaksanakan sejak tanggal 1 Desember 2020-15 Januari 2021. Selama periode pendaftaran AGII 2020/2021, sebanyak 400 guru dari seluruh Indonesia berpartisipasi dengan mengirimkan video pembelajaran inovatif dan kreatif.

Video-video para guru kemudian diseleksi oleh pihak juri dari perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, praktisi dan konsultan pendidikan, serta CMO Fruit Tea Sosro.

Para juri kemudian memilih tiga video terbaik dan 15 video favorit. Tiga pemenang video terbaik, mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 37,5 juta. Sementara itu, 15 pemenang video favorit masing-masing mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 1 juta.

"Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada para guru yang telah membagikan ceritanya melalui video-video inovasi belajar yang sangat inovatif dan kreatif yang nantinya diharapkan dapat dimanfaatkan dan dibagikan kepada guru-guru di seluruh Indonesia sebagai referensi untuk memaksimalkan kegiatan belajar mengajar," ungkap Content Manager Quipper Indonesia Hanani Faiza.

"Bagi para guru yang belum berkesempatan untuk berhasil di AGII tahun ini, saya harap Bapak/Ibu guru dapat tetap semangat, kreatif, dan bisa saling menginspirasi," imbuhnya.

Sementara itu, Chief Marketing Officer (CMO) PT Sinar Sosro Sabrina Kharisanti berharap para peserta AGII 2020/2021 dapat terus berinovasi dan berkarya untuk pendidikan Indonesia.

"Saya sangat mengapresiasi seluruh peserta yang telah membagikan video-video belajarnya yang inovatif dan kreatif. Untuk para pemenang saya ucapkan selamat semoga hadiahnya dapat bermanfaat dan bagi yang belum beruntung di tahun ini, jangan berhenti untuk dapat terus berinovasi lebih baik lagi. Semoga kegiatan ini menjadi motivasi untuk para guru agar potensi yang sudah ada semakin maksimal dan juga semakin banyak guru yg memberi inspirasi kepada para murid, semakin banyak murid yang kreatif dan berkualitas," kata Sabrina.

Quipper juga membentuk Komunitas Guru Quipper yang tergabung dalam platform media sosial Telegram. Komunitas Guru Quipper dibentuk sebagai media bagi para guru dari seluruh Indonesia untuk saling berbagi terkait praktik baik kegiatan belajar mengajar serta mendapatkan informasi terbaru seputar dunia pendidikan.

(ega/ega)