Polisi Usut Info Oknum Terlibat Tambang Bijih Timah Ilegal di Bangka

Antara - detikNews
Jumat, 19 Feb 2021 09:25 WIB
Kabag Ops Polres Bangka Tengah, Kompol Yudha Wicaksono
Kabag Ops Polres Bangka Tengah Kompol Yudha Wicaksono (ANTARA/Ahmadi)
Bangka -

Polisi menyebut ada informasi mengenai oknum yang terlibat penambangan timah ilegal di kawasan Marbuk dan Kenari, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Kini polisi menyelidiki benar atau tidaknya informasi tersebut.

"Memang ada informasi dan laporan masyarakat diterima intel kami bahwa di kawasan ini ada oknum terkait tertentu yang diduga ikut andil dalam penambangan bijih timah ilegal ini," kata Kabag Ops Polres Bangka Tengah Kompol Yudha Wicaksono setelah memimpin kegiatan penertiban praktik penambangan bijih timah ilegal di kawasan Kenari dan Marbuk, Bangka Tengah, Bangka Belitung (Babel), Kamis (18/2/2021).

"Kalau laporan masyarakat yang masuk memang disebut ada dugaan oknum tertentu terlibat. Ini kami dalami untuk memastikan apakah ada anggota kami yang bermain," sambung Yudha.

Jika terbukti ada oknum yang terlibat kegiatan tambang timah ilegal ini, tegas Yudha, pihaknya akan menindak oknum tersebut sesuai hukum yang berlaku. Yudha menjelaskan penertiban kegiatan penambangan timah ilegal di kawasan Marbuk dan Kenari bersifat preemtif.

"Kami mencari informasi lebih lanjut terkait adanya dugaan anggota kami ikut dalam kegiatan ilegal ini. Jika memang terbukti, tentu diproses sesuai aturan hukum yang berlaku," ujarnya.

Yudha meminta para penambang bijih timah ilegal membawa peralatan tambangnya dan berhenti melakukan penambangan ilegal. Dia ingin kawasan penambangan ilegal segera dikosongkan.

"Para penambang bijih timah kami minta membongkar semua peralatan eksplorasi dan diangkat dari lubang tambang bijih timah. Kami minta tidak ada lagi kegiatan dan kawasan tersebut dikosongkan dari kegiatan ilegal," ujarnya.

(aud/jbr)